UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI POKOK ASMAUL HUSNA MELALUI METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) SISWA KELAS VII G MTsN 05 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Khasanah, Umi Hidayatul (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI POKOK ASMAUL HUSNA MELALUI METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) SISWA KELAS VII G MTsN 05 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Umi Hidayatul Khasanah (PAI).pdf

Download (2MB)

Abstract

Khasanah, Umi Hidayatul. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran Akidah Akhlak Materi Pokok Asmaul Husna Melalui Metode Student Team Achievement Devision (STAD) Siswa Kelas VII G MTsN 05 Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Drs. Sumarno Widjadipa, M.Pd. Kata kunci: Akidah Akhlak; Asmaul Husna; Student Team Achievement Devision (STAD). Masalah pokok dalam penelitian ini adlah apakah penerapan metode Student Team Achievement Devision (STAD) dalam mata pelajaran Akhidah Akhlak materi pokok Asmaul Husna dapat meningkatkan hasil belajar dan mencapai target KKM/ KBM pada siswa kelas VII G MTsN 05 Boyolali tahun pelajaran 2018/2019. Oleh karena itu, tujuan penelitian skripsi ini untuk mengetahui metode Student Team Achievement Devision (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak dan dapat mencapai target KKM/ KBM siswa kelas VII G MTsN 05 Boyolali tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pra siklus dan 3 siklus yang setiap siklusnya masing-masing terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/ obeservasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII G MTsN 05 Boyolali sebanyak 32 siswa. Analisis data yang dilakukan dengan membandingkan skor nilai setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 70 sekaligus ditandai adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil penelitian ini dimulai dari pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III mengalami peningkatan. Dari 32 siswa pra siklus memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 8 siswa atau dalam persentase 25%. Siklus I memiliki data ketuntasan belajar siswa sebanyak 12 siswa atau dalam persentase 37,5% sehingga dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 4 siswa. Siklus II memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa sebanyak 21 siswa atau dalam persentase 65,62% sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan belajar sebesar 9 siswa. Dan pada siklus III data ketuntasan yang dimiliki sebanyak 29 siswa yang tuntas dan dalam persentasenya adalah 90,62% sehingga pada siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 8 siswa. Adapun nilai rata-rata kelas yang diperoleh dari hasil nilai setiap siklus juga mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus memiliki rata-rata 64,93, pada siklus I memiliki rata-rata 67,5, pada siklus II memiliki rata-rata 74,43, dan pada siklus III memiliki rata-rata 84. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar dan mencapai target KKM/ KBM Akidah Akhlak siswa kelas VII G di MTsN 05 Boyolali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2019 15:02
Last Modified: 16 Sep 2019 15:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5881

Actions (login required)

View Item View Item