“Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Materi Jenis-jenis Pekerjaan Menggunakan Metode Pembelajaran Brainstorming dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas III Semester II MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019”.

Muhassanah ‘aan, Saskia Zarrin (2019) “Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Materi Jenis-jenis Pekerjaan Menggunakan Metode Pembelajaran Brainstorming dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas III Semester II MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019”. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Saskia Zarrin Muhassanah 'aan.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Brainstorming dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Materi Jenis-jenis Pekerjaan pada Siswa Kelas III Semester II MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan siswa kelas III semester II MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga yang terdiri dari 24 siswa yaitu 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu lembar observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Brainstorming dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode pembelajaran Brainstorming dengan media gambar hanya 20,83% (5 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 79,175 (19 siswa) belum memenuhi KKM dengan rata-rata nilai 51,87. Pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 62,50% (15 siswa), sedangkan 37,50% ( siswa) belum memenuhi KKM dengan rata-rata nilai 70,07. Pada siklus II yang mencapai KKM sebanyak 87,50% (21 siswa), sedangkan 12,50% (3 siswa) belum memenuhi KKM dengan rata-rata nilai 86,25. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Brainstorming dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III semester II MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2019 03:22
Last Modified: 17 Sep 2019 03:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5886

Actions (login required)

View Item View Item