PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT GERAK PADA MANUSIA MELALUI PENERAPAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS V MI MUHYIDDIN PLOSOKEREP KECAMATAN BOYOLALI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Hirmawan, Putra Dwi (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT GERAK PADA MANUSIA MELALUI PENERAPAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS V MI MUHYIDDIN PLOSOKEREP KECAMATAN BOYOLALI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Putra Dwi Hirmawan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hirmawan, Putra Dwi. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Alat Gerak pada Manusia Melalui Penerapan Media Puzzle Pada Siswa Kelas V MI Muhyiddin Plosokerep Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Maslikhah, S.Ag., M.Si. Kata Kunci : Hasil belajar IPA, media puzzle Hasil belajar IPA di MI Muhyiddin Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yaitu 70. Hal ini dikarenakan guru sering menjelaskan materi dengan ceramah. Akibatnya siswa tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran, semangat siswa untuk belajar rendah, dan akhirnya pemahaman siswa tentang materi pelajaran rendah, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penerapan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi alat gerak pada manusia pada siswa kelas V MI Muhyiddin Plosokerep Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi alat gerak pada manusia pada siswa kelas V MI Muhyiddin Plosokerep Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MI Muhyiddin Plosokerep Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali yang terdiri dari 21 siswa yaitu 12 laki-laki dan 9 perempuan. Instrumen penelitian meliputi wawancara, lembar observasi,soal tes dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data analisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi alat gerak pada manusia siswa kelas V MI Muhyiddin Plosokerep Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020. Peningkatan siswa yang tuntas dari Siklus I ke Siklus II 19% dan Siklus II ke Siklus III 19%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I 52% siswa tuntas belajar, Siklus II 71% siswa tuntas belajar, dan Siklus III 90% siswa tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2019 09:02
Last Modified: 15 Mar 2022 14:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5887

Actions (login required)

View Item View Item