Upaya Meningkatkan Motivasi, Minat, dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII E SMP N 3 Salatiga, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Tahun Ajaran 2018/ 2019.

Nursalam, Intan Hidayanti (2019) Upaya Meningkatkan Motivasi, Minat, dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII E SMP N 3 Salatiga, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Tahun Ajaran 2018/ 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Intan Hidayanti Nursalam (T. Matematika).pdf

Download (5MB)

Abstract

Hal yang melatarbelakangi skripsi ini adalah realitas yang terjadi di dalam kelas VIII E SMP N 3 Salatiga saat proses pembelajaran berlangsung, khususnya mata pelajaran matematika. Tingkat motivasi dan minat belajar siswa yang cukup rendah dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Sehingga guru memerlukan pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa, salah satunya dengan model pembelajaran TGT. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah dengan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi, minat, dan hasil belajar Matematika materi Statistika pada siswa kelas VIII E SMP N 3 Salatiga, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Tahun Ajaran 2018/ 2019? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan penyebaran angket. Penelitian ini dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar matematika materi statistika pada siswa kelas VIII E SMP N 3 Salatiga, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Tahun ajaran 2018/ 2019. Hasil motivasi belajar siswa pada pra siklus, siswa yang bermotivasi tinggi sebanyak 12 dan rendah sebanyak 17, pada siklus I siswa yang bermotivasi rendah sebanyak 18 dan tinggi serta sangat tinggi sebanyak 14, serta pada siklus II siswa yang bermotivasi rendah sebanyak 6 dan tinggi serta sangat tinggi sebanyak 28. Sehingga peningkatan motivasi belajar dari pra siklus ke siklus I adalah 2,38% dan dari siklus I ke siklus II adalah 37,50%. Untuk hasil minat belajar siswa pada pertemuan pra siklus yang berminat rendah sebanyak 17 dan tinggi sebanyak 12, pada siklus I siswa yang berminat rendah sebanyak 3 dan tinggi serta cukup sebanyak 29, serta pada siklus II tidak ada siswa yang berminat rendah sehingga sebanyak 32 memiliki minat yang cukup dan tinggi atau 100%. Sehingga peningkatan minat belajar dari pra siklus ke siklus I adalah 49,255% dan dari siklus I ke siklus II adalah 50,745%. Sedangkan hasil belajar siswa pada pra siklus siswa yang belum tuntas sebanyak 29 dari 29 siswa yang hadir atau 100%. Pada siklus I siswa yang belum tuntas sebanyak 2 atau 6,25% dan yang sudah tuntas sebanyak 30 atau 93,75%. Dan pasa siklus II sebanyak 32 sudah tuntas atau 100%. Sehingga peningkatan dari pra siklus ke siklus I adalah 93,75% dan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 6,25%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Biografi dan Sejarah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:20
Last Modified: 17 Sep 2019 07:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5910

Actions (login required)

View Item View Item