STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA SMALB NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Avitanty, Asiskha (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA SMALB NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Avitanty, Asiskha. 2019. Strategi Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita SMALB Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. IAIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Winarno, S. Si., M. Pd. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Matematika, Anak Tunagrahita Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan strategi pembelajaran matematika pada anak tunagrahita, faktor pendukung pembelajaran matematika, dan faktor penghambat pembelajaran matematika. Hal ini menjadi penting melihat persoalan yang dihadapi anak tunagrahita ringan dalam pembelajaran matematika yang mengalami kesulitan untuk memahami materi karena intelegensi yang rendah. Oleh karena itu, guru dalam menyampaikan materi harus menggunakan strategi-strategi agar materi yang disampaikan mudah dipahami. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Informan dalam penelitian adalah guru matematika SMALB Negeri Salatiga, dan siswa-siswa SMALB Negeri Salatiga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumenter. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran matematika di SMALB menggunakan beberapa metode. Namun, yang paling sering digunakan yaitu metode drill. Karena dengan metode drill guru merasa lebih mudah untuk memahamkan materi kepada siswa. Seluruh aspek dalam strategi pembelajaran matematika pada anak tunagrahita meliputi pemberian reinforcement, pemberian punishment, dan materi yang diklasifikasikan sesuai perkembangan anak belum terlaksana (2) Faktor pendukung dalam pembelajaran matematika di SMALB Negeri Salatiga sangat dipengaruhi dengan suasana hati siswa yang merasa senang terlebih dahulu. Jika suasana hati siswa dari rumah sudah merasa senang terlebih dahulu, maka kegiatan pembelajaran matematika di sekolah juga merasa nyaman dan berhasil. Namun juga dapat dipengaruhi beberapa faktor seperti, motivasi orang tua dan guru, adanya alat peraga, memberikan tugas rumah, sarana dan prasarana yang mendukung. (3) Faktor penghambat dalam pembelajaran matematika di SMALB Negeri Salatiga juga sangat dipengaruhi oleh suasana hati buruk siswa. Ketika suasana hati dan keinginan siswa dalam belajar itu rendah, maka kegiatan pembelajaran akan kurang menyenangkan. Suasana hati tersebut biasanya merupakan bawaan dari rumah. Ketika pagi berangkat sekolah siswa merasa tidak senang dan terlihat murung, tidak punya semangat untuk belajar maka akan berdampak kepada proses berlangsungnya pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2019 15:24
Last Modified: 17 Sep 2019 15:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5918

Actions (login required)

View Item View Item