Widiyati, Lina (2019) : Peningkatan Hasil Belajar Ski Materi Khulafaur Rasyidin Dengan Menggunakan Metode Question Student Have Pada Siswa Kelas VII F Mts Negeri 05 Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI_FINAL_LINA_WIDIYATI_okeeee[1].pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar SKI pada siswa kelas VII F MTs N 05 Boyolali tahun pelajaran 2018/2019 yang dilatar belakangi karena kurangnya variasi mengajar yaitu hanya menggunakan ceramah sehingga kemampuan untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal masih kurang. Rumusan masalah ini adalah apakah metode Question Student Have dapat meningkatkan hasil belajar SKI materi Khulafaur Rasyidin pada siswa kelas VII F MTs N 05 Boyolali tahun pelajaran 2018/2019? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII F MTs N 05 Boyolali tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah 34 siswa yang terdiri atas 6 siswa dan 28 siswi. Instrumen penelitian meliputi RPP, bahan ajar, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian di MTs N 05 Boyolali tahun 2019 metode Question Student Have dapat meningkatkan hasil belajar SKI Materi Khulafaur Rasyidin. Hal ini dibuktikan dari persentase hasil belajar yang meningkat dari Pra Siklus, Siklus I sampai Siklus II. Pada pra siklus siswa yang tuntas 19 (55,89%) siswa dan yang belum tuntas 15 (44,11%) siswa dengan nilai rata-rata 64,65. Pada siklus I siswa yang belajar tuntas ada 27 (79, 41%) siswa dan yang belum tuntas 7 (20,59%) siswa dengan nilai rata- rata 76,68. Kemudian siklus II terdapat 31 (91,18%) siswa yang tuntas, dan 3 (8,82%) siswa yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas 85,83. Berdasarkan data tersebut, hasil belajar siswa kelas VII F MTsN 05 Boyolali sebelum penelitian 44,12% setelah dilakukan penelitian mengalami peningkatan siklus I 79,41% dan siklus II 91,17%. Jadi Peningkatan yang diperoleh pra siklus ke siklus I adalah 35,29% kemudian siklus I ke siklus II adalah 11,76%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 01:30 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 01:30 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5953 |
Actions (login required)
View Item |