Kemampuan Membaca al-Qur?an Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Diponegoro Kota Salatiga

Ghufron, Nasaluk (2019) Kemampuan Membaca al-Qur?an Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Diponegoro Kota Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NASALUK GHUFRON 23010-15-0356.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca al-Qur?an siswa yang berasal dari Madrasah Tsanawiyah dengan kemampuan membaca al-Qur?an siswa yang berasal dari Sekolah Menengah Pertama di Sekolah Menengah Kejuruan Diponegoro Kota Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang datanya dideskripsikan dalam bentuk angka-angka dan dihasilkan melalui perhitungan dengan rumus statistik. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes kemudian data ditranskip menjadi data yang lengkap. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: kemampuan membaca al-Qur?an siswa kelas X SMK Diponegoro Kota Salatiga tahun ajaran 2018/2019 yang berasal dari MTs diperoleh nilai rata-rata 77,667 dan dikategorikan cukup. Hal ini dibuktikan dengan nilai 77,667 yang berada pada interval 77-80, sedangkan kemampuan membaca al-Qur?an siswa kelas X SMK Diponegoro Kota Salatia tahun ajaran 2018/2019 yang berasal dari SMP diperoleh nilai rata-rata 69,533 dan dikategorikan cukup. Hal ini dibuktikan dengan nilai 69,533 yang berada pada interval 68-72. Berasarkan uji hipotesis, ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan membaca al-Qur?an antara siswa yang berasal dari MTs dengan siswa yang berasal dari SMP. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan metode komparatif yang diperoleh to (t observasi) 3,689 lebih besar dari t tabel dengan df = 28 pada t tabel 5% = 2,048 dan 1% = 2,763 yang berarti signifikan. Jadi hipotesis alernatif (Ha) yang berbunyi “terdapat perbedaan kemampuan membaca al-Qur?an antara siswa yang berasal dari MTs dan siswa yang berasal dari SMP pada kelas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2019 14:24
Last Modified: 19 Sep 2019 14:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5998

Actions (login required)

View Item View Item