PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN, PRODUCT KNOWLEDGE DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PREFERENSI MENABUNG DENGAN DISPOSABLE INCOME SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI PADA NASABAH PT, BPRS MERU SANKARA MAGELANG)

MUSAFAK, MUHAMMAD (2019) PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN, PRODUCT KNOWLEDGE DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PREFERENSI MENABUNG DENGAN DISPOSABLE INCOME SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI PADA NASABAH PT, BPRS MERU SANKARA MAGELANG). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi muhamat musafak 63010150016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pelayanan bank syariah yang pada dasarnya memiliki unsur religiusitas saat ini lahir ditengah-tengah masyarakat bertujuan melayani masyarakat ekonomi lemah dan usaha micro yang belum terjangkau oleh bank umum, dimana sebagian besar masyarakat enggan untuk datang ke kantor. Hal tersebut membuat sebagian besar pelayanan BPRS saat ini menggunakan berbagai strategi pemasaran untuk mengenalkan productnya sehingga dapat menarik minat nasabah menyisihkan sebagian pendapatannya menabung di bank syariah, khususnya di BPRS Meru Sankara Magelang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh tingkat pengetahuan, religiusitas, dan product knowledge terhadap preferensi menabung dengan disposable income sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang meneliti hubungan antar variabel dan menggunakan prosedur statistik dengan populasi sebesar 2.372 nasabah serta mengambil sampel sebanyak 96 nasabah. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data kuisioner dan studi kepustakaan dimana skala pengukurannya sendiri terdiri dari 1-10 numerical scale. Beberapa hasil yang diperoleh diantaranya tingkat pengetahuan tidak berpengaruh terhadap preferensi menabung, dibuktikan dengan taraf signifikasi 0,061 >0,05, Product knowledge berpengaruh positif tidak signifikan terhadap preferensi nasabah, disposable income dan religiusitas tidak berpengaruh terhadap preferensi menabung. Disposable income tidak memoderating tingkat pengetahuan dan religiusitas terhadap preferensi menabung, dan disposable income dapat memoderating pengaruh product knowledge terhadap preferensi menabung. Keywords: Tingkat Pengetahuan, Religiusitas, Product Knowledge, Disposable Income.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2019 15:21
Last Modified: 19 Sep 2019 15:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6006

Actions (login required)

View Item View Item