SOLIKAH, MIRFATUS (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KALIMAT SEDERHANA DENGAN MODEL THINK-TALK-WRITE(TTW) DAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS I MI MIFTAHUL HUDA TRUKO, KECAMATAN BRINGIN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Solikhah, Mirfatus. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Kalimat Sederhana dengan Model Think-Talk-Write (TTW) dan Media Kartu Kata pada Siswa Kelas I MI Miftahul Huda Truko,Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci : hasil belajar Bahasa Indonesia, model think-talk-write (TTW), kartu kata, menulis kalimat sederhana. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia banyak guru yang mengeluhkan rendahnya kemampuan siswa kelas I dalam pembelajaran bahasa Indonesia, terutama tentang menulis kalimat sederhana. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami kesalahan dalam penulisan kalimat sederhana. Entah kurang hurufnya atau tata penulisannya tidak sesuai dengan kaidah penulisan yang sesuai dengan pola S-P-O?K. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran tersebut, padahal guru juga memberikan tugas baik itu di sekolah maupun di rumah. Sebagaimana pengamatan yang diselenggarakan di MI Miftahul Huda Truko, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menulis kalimat sederhana dan hasil belajar yang diperoleh siswa masih di bawah KKM. Penggunaan model Think-Talk-Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis kalimat sederhana pada kelas I MI Miftahul Huda Truko, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas I yang berjumlah 13 siswa yang terdiri dari 8 siswa putra dan 5 siswa putri. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, lembar latihan menulis kalimat sederhana, silabus, RPP, dan materi pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85 % Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Think-Talk-Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MI Miftahul Huda Truko, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang. Dalam penelitian tersebut presentase siswa tuntas belajar dari Pra siklus, ke Siklus I 23,08% atau 9 dari 13 siswa memperoleh nilai diatas KKM dan siklus I ke siklus II 46% atau 12 dari 13 siswa mampu memperoleh nilai diatas KKM. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 69,23% atau 9 siswa dapat tuntas belajar, siklus II 92,30% atau 12 siswa tuntas belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Sep 2019 11:04 |
Last Modified: | 20 Sep 2019 11:04 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6022 |
Actions (login required)
View Item |