Millatuzzuhriyah, Aufi (2019) Pengaruh Pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dengan Media Power of Vision (PV) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gaya Kelas VIII di SMP N 1 Bringin Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SK-F Mark R.pdf Download (4MB) |
Abstract
Millatuzzuhriyah, Aufi. 2019. Pengaruh Pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dengan Media Power of Vision (PV) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gaya Kelas VIII di SMP N 1 Bringin Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar; power of vision; science, environment, technology, and society Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dengan media Power of Vision (PV) dan menjelaskan bagaimana pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dengan media Power of Vision (PV) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen semu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas VIII D (kelas eksperimen) dan kelas VIII E (kelas kontrol), masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Instrumen penelitian ini meliputi lembar penilaian, angket, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan koefisien korelasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dengan media Power of Vision (PV) sangat membantu proses pembelajaran siswa karena memiliki karakteristik mudah digunakan, up to date, menarik, mudah dipahami, dan dapat digunakan untuk berbagai materi. Selain itu, dilihat dari hasil uji koefisien korelasi pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dengan media Power of Vision (PV) berpengaruh sebesar 0,909 terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan, pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dengan media Power of Vision (PV) terhadap hasil belajar siswa memiliki signifikansi 0,000 sehingga terdapat pengaruh dan memiliki persamaan regresi Y = 11,242 + 0,858 X. Hasil uji R Square juga menunjukkan hasil koefisien determinasi sebesar 82,6% untuk pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dengan media Power of Vision (PV), sehingga pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dengan media Power of Vision (PV) berpengaruh sebesar 68,8% terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Sep 2019 12:48 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 03:49 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6027 |
Actions (login required)
View Item |