Rofiq, Ngaunu (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA LIQUID CRYSTAL DISPLAY (LCD) PROYEKTOR PADA SISWA KELAS II MI MLILIR BANDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
ngaunu rofiq_11510035.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Matematika menjadi pelajaran yang menakutkan di dunia pendidikan terutama pendidikan di kelas rendah. Belajar merupakan proses yang sangat penting dalam pendidikan. Mengajar merupakan kegiatan yang dilakukan guru untuk menciptakan sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar bagi peserta didik. Proses pembelajaran akan efektif jika berlangsung dalam situasi dan kondisi yang kondisif, hangat, menarik, menyenangkan, dan wajar. Dalam pembelajaran matematika masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah kkm yang telah ditetapkan oleh guru. Dalam hal ini diperlukan guru yang kreatif yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan disukai oleh peserta didik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah Media LCD Proyektor dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika materi penjumlahan pada siswa kelas II MI Mlilir Bandungan tahun pelajaran 2014/2015?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan media LCD Proyektor dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika materi penjumlahan pada siswa kelas II MI Mlilir Bandungan tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan permasalahan di atas, maka penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun langkah-langkah dalam PTK ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Dengan objek penelitian adalah siswa kelas II sebanyak 31 siswa dan satu orang guru kolaborator yang bernama Ely Susanti. Hasil penelitian dapat dilihat pada peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil nilai prasiklus menunjukan siswa yang tuntas adalah 3 orang dalam prosentase 9,68%. Pada siklus I menunjukan siswa yang tuntas sebanyak 23 orang dalam prosentase 74,19%. Pada siklus II menunjukan siswa yang tuntas sebanyak 24 orang 77,42%. Pada siklus III menunjukan siswa yang tuntas sebanyak 31 dengan prosentase 100%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media LCD Proyektor dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi penjumlahan pada siswa kelas II MI Mlilir Bandungan tahun pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Feb 2016 03:18 |
Last Modified: | 29 Feb 2016 03:18 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/604 |
Actions (login required)
View Item |