Zulfa, Nur Aini (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL DIRECTED READING THINKING ACTIVITY BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI MENENTUKAN GAGASAN POKOK DALAM PARAGRAF BACAAN SISWA KELAS IV MI AL-ISLAM BONOMERTO KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
NUR AINI ZULFA SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Zulfa, Nur aini. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan model directed reading thinking activity berbantu media audio visual pada materi menentukan gagasan pokok dalam paragraf bacaan siswa kelas IV MI Al-Islam Bonomerto Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan . Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata Kunci: Model directed reading thinking activity, Media Audio Visual, Hasil Belajar Siswa Hasil belajar Bahasa Indonesia masih banyak yang dibawah standar yang ditetapkan dari sekolah, hal tersebut dipengaruhi faktor dari siswa dan guru. Dilihat faktor dari siswa kurangnya minat belajar siswa, model pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa merasa bosan. penulis menerapkan model directed reading thinking activity dan media audio visual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, dengan penggunaan model serta media tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Al-Islam Bonomerto Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, studi dokumen (metode kuantitatif dan kualitatif), siklus PTK terdiri dari beberapa langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI Al-Islam Bonomerto Kecmatan Suruh Kabupaten Semarang dengan jumlah 16 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 5 perempuan. Data yang diperoleh yaitu berupa prestasi belajar Bahasa Indonesia yang di dapat dari tes dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Penemuan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model directed reading thinking activity dan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa yakni peningkatan nilai pra siklus (43,75%) 7 siswa yang tuntas, siklus I (56,25%) 9 siswa yang tuntas, dan pada akhir siklus II mengalami peningkatan menjadi (81,25%) 13 siswa yang tuntasdan pada siklus III mengalami peningkatan yang lebih pesat menjadi (87,5) 14 siswa yang tuntas. Hal ini membuktikan bahwa dengan adanya model directed reading thinking activity dan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Al-Islam Bonomerto Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Sep 2019 19:58 |
Last Modified: | 20 Sep 2019 19:58 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6053 |
Actions (login required)
View Item |