Nurochmah, Ardinimas (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI GAYA GERAK MELALUI METODE BRAINSTORMING PADA SISWA KELAS IV MI TARBIYATUL AULAD JOMBOR KEC. TUNTANG KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Ardinimas N (23040150011) PGMI.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Nurochmah, Ardinimas. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Materi Gaya Gerak melalui Metode Brainstorming pada Siswa Kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kec. Tuntang Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Maslikhah, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Brainstorming. Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang pada materi gaya dan gerak dengan metode brainstorming. Apakah metode brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi gaya dan gerak pada siswa kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa, yaitu terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diambil dari nilai akhir siswa, dokumentasi, dan observasi dengan melihat perilaku siswa dalam proses pembelajaran. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar catatan lapangan, dan tes evaluasi siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Data analisis secara statistik menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan metode brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar materi gaya dan gerak pada siswa kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Peningkatan dari siklus I sampai siklus III. Peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 28%, dari siklus II ke siklus III yaitu 11%. Siklus I siswa yang tuntas sejumlah 9 siswa atau 50% dengan nilai rata-rata 75,33. Siklus II terdapat 14 siswa atau 78% siswa tuntas dengan nilai rata-rata 80,00. Siklus III sejumlah 16 siswa atau 89% tuntas belajar dengan nilai rata-rata 85,05.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 08:34 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 08:34 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6066 |
Actions (login required)
View Item |