PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Rohmiyanti, Ika Ayu (2019) PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Ika Ayu R_ 0252.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rohmiyanti, Ika Ayu. 2019. Pengembangan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SMPIT Nurul Islam Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci: Pengembangan Profesionalisme Guru, Pendidikan Agama Islam Permasalahan yang dihadapi oleh SMPIT Nurul Islam Tengaran salah satunya dialami oleh guru Pendidikan Agama Islam. Beberapa permasalahan yang dialami oleh guru PAI, antara lain adalah sebagai berikut: kurangnya penguasaan guru terhadap materi bahan ajar, mengelola proses pembelajaran, mengelola peserta didik, melakukan tugas-tugas bimbingan, dan lain-lain. Permasalahan tersebut sangat berkaitan erat dengan profesionalisme guru. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMPIT Nurul Islam Tengaran Tahun Pelajaran 2019/2020?; 2) Bagaimana hambatan dalam pengembangan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMPIT Nurul Islam Tengaran Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pengembangan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMPIT Nurul Islam Tengaran Tahun Pelajaran 2019/2020; 2) Mengetahui hambatan dalam pengembangan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMPIT Nurul Islam Tengaran Tahun Pelajaran 2019/2020. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan sebenarnya dari fenomena objek yang diteliti. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder. Sumber primer meliputi hasil wawancara kepala sekolah, guru PAI, guru mata pelajaran lain, petugas TU, dan peserta didik. Sedangkan sumber sekunder yakni karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMPIT Nurul Islam Tengaran Tahun Pelajaran 2019/2020 diwujudkan dengan berbagai kegiatan, seperti MGMP di tingkat rayon maupun sekolah, mengikuti kegiatan studi banding, pelatihan membaca al-Qur'an (tahsin), liqo, tahfidz dan hafalan hadits; 2) Hambatan dalam pengembangan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMPIT Nurul Islam Tengaran Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah terbatasnya sarana prasarana, terbatasnya jumlah guru lulusan PAI, dan sulitnya berkoordinasi satu sama lain. Adapun solusi dari berbagai hambatan tersebut adalah guru PAI senantiasa berusaha untuk melakukan yang terbaik di semua kondisi, pihak sekolah akan memanfaatkan fasilitas yang ada dengan baik, akan diadakan rapat dengan beberapa komite, dan merencanakan anggaran sarpras di tahun berikutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2019 11:09
Last Modified: 23 Sep 2019 11:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6086

Actions (login required)

View Item View Item