Susanti, Irna Isnaini (2019) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MELALUI MEDIA ULAT ANGKA DI KELOMPOK A TK CANDRA PUSPITA KECANDRAN KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
PDF IRNA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Susanti Irna Isnaini. 2019. (Pengembangan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Media Ulat Angka Di Kelompok A TK Candra Puspita Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Peni Susapti, M.Si. Kata Kunci: Berhitung, dan Media Ulat Angka Kemampuan berhitung pada anak sejak dini berguna untuk membekali kehidupan anak di masa yang akan datang. Kemampuan berhitung yang belum berkembang menjadi masalah yang dihadapi guru kelompok A. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan pembelajaran dengan menggunakan media ulat angka dapat meningkatan kemampuan berhitung 1-10 pada siswa kelompok A di TK Candra Puspita Kecandran Kecamatan Sidomukti Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan menggunakan media ulat angka dalam meningkatan kemampuan berhitung 1-10 pada siswa kelompok A di TK Candra Puspita Kecandran Kecamatan Sidomukti Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak uisa 4-5 tahun yang berjumlah 23 anak di TK Candra Puspita. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi, tes. analisis data penelitian ini deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah minimal 85% siswa memperoleh nilai BSH (Berkembang Sesuai Harapan) atau BSB (Berkembang Sangat Baik). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kemampuan berhitung 1-10 melalui media ulat angka di Kelompok A TK Candra Puspita Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019 telah terbukti berhasil dan ada peningkatan di setiap siklusnya. Dengan menggunakan media ulat angka anak akan lebih mudah dalam memahami angka 1-10 karena didalam media ulat angka tersebut ada jumlah benda yang sesuai angka yang di tempel. Persentase keberhasilan pada kondisi awal (pra siklus) dari 23 anak ada 13 anak yang dinyatakan (Mulai Berkembang) kemampuan berhitungnya dengan rata-rata 44,58%. Pada Siklus I terdapat 15 anak yang dinyatakan (Berkembang Sesuai Harapan) dengan sebanyak rata-rata 67,42%. Hasil penelitian di Siklus II terdapat 22 anak yang berhasil (Berkembang Sesuai Harapan) dan (Berkembang Sangat Baik) atau sebanyak 93,56% yang memenuhi indikator keberhasilan penelitian kelas sebesar 85% sehingga tindakan dihentikan pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 08:18 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 08:18 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6142 |
Actions (login required)
View Item |