PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT DAN MEDIA GAMES ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF DUKUH SIDOMUKTI KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019

Fauzi, Fajriyati Eriya (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT DAN MEDIA GAMES ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF DUKUH SIDOMUKTI KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi jadi.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Fauzi, Fajriyati Erlya. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi Menggunakan Model Pembelajaran PAIKEM GEMBROT dan Media Games Ular Tangga pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Dukuh Sidomukti Kota Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA; Model Pembelajaran PAIKEM GEMBROT; Media Games Ular Tangga. Pembelajaran IPA di MI Ma’arif Dukuh Sidomukti Kota Salatiga, selama ini belum menggunakan model pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kejenuhan, sehingga kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru saat proses belajar berlangsung yang berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA terurtama materi sumber energi. Hal ini terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa yang belum memenuhi nilai KBM yang telah ditentukan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran PAIKEM GEMBROT dan media games ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber energi pada siswa kelas IV MI Ma’arif Dukuh Sidomukti Kota Salatiga tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Dukuh Sidomukti Kota Salatiga tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa meliputi 16 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus presentase, apabila ?85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran PAIKEM GEMBROT dan media games ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Dukuh Sidomukti Kota Salatiga tahun ajaran 2018/2019. Peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas belajar dari pra siklus ke siklus I 24% dan siklus I ke siklus II 28%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus 36% (9 siswa) tuntas belajar, pada siklus I 60% (15 siswa) tuntas belajar dan siklus II 88% (22 siswa) tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2019 10:07
Last Modified: 15 Mar 2022 14:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6146

Actions (login required)

View Item View Item