Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Haji dan Umroh Menggunakan Metode Demonstrasi dan Simulasi dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas X Semester 1 MA NU Al Maarif Kecamatan Boja Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2018/2019

Jazil, Qieqy Khalidatul (2019) Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Haji dan Umroh Menggunakan Metode Demonstrasi dan Simulasi dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas X Semester 1 MA NU Al Maarif Kecamatan Boja Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Khalidatul Jazil, Qieqy. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Haji dan Umroh Menggunakan Metode Demonstrasi dan Simulasi dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas X Semester 1 MA NU Al Maarif Kecamatan Boja Kabupaten Kendal Tahun 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Sutrisna, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar, Metode Demonstrasi dan Simulasi, serta audio-visual Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan metode demonstrasi dan simulasi dengan media Audio Visual dengan peningkatan hasil belajar fiqih materi haji dan umroh di kelas X sesmester 1 di MA NU Al Maarif Kecamatan Boja Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan bersifat kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara kepala sekolah, guru, siswa, dan petugas kebersihan, dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto kegiatan terkait pendidikan lingkungan, buku kurikulum, profil sekolah, dan sertifikat penghargaan bagi sekolah. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Haji dan Umroh Menggunakan Metode Demonstrasi dan Simulasi dengan Media Audio Visual adalah program pendidikan yang dirancang untuk membina keterampilan siswa dalam memahami dan menghargai pelaksanaan haji dan umroh, mengembangkan aspek psikomotor siswa untuk pelaksanaan proses pembelajaran mata pelajaran fiqih. Kedua, pelaksanaan Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Haji dan Umroh Menggunakan Metode Demonstrasi dan Simulasi dengan Media Audio Visual dititikberatkan pada masalah haji dan umroh, Rasulullah Saw. yaitu Iringilah ibadah haji dengan (memperbanyak) ibadah umrah (berikutnya), karena sesungguhnya keduanya dapat menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa sebagaimana alat peniup besi panas menghilangkan karat pada besi, emas dan perak. Dan tidak ada (balasan) bagi (pelaku) haji yang mabrur melainkan surga. Ketiga, faktor penunjang pelaksanaan Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Haji dan Umroh Menggunakan Metode Demonstrasi dan Simulasi dengan Media Audio Visual tersedianya fasilitas audio visul sehingga sangat berperan dalam peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sifat bawaan siswa yang kurang giat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2019 10:18
Last Modified: 24 Sep 2019 10:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6148

Actions (login required)

View Item View Item