RELEVANSI SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN TRADISIONAL DALAM ERA MODERNISASI (Studi pada PondokPesantren Putri Riyadlotul ‘Uquul Desa Maron, Kecamatan Loano, KabupatenPurworejoTahun 2019)

Sovia, Ani (2019) RELEVANSI SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN TRADISIONAL DALAM ERA MODERNISASI (Studi pada PondokPesantren Putri Riyadlotul ‘Uquul Desa Maron, Kecamatan Loano, KabupatenPurworejoTahun 2019). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ANI SOVIA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sovia, Ani. 2019.Relevansi Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional Dalam Era Modernisasi (Studi Pada Pondok Pesantren Putri Riyadlotul ‘Uquul Desa Maron, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo Tahun 2019). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muh. Hafidz, M. Ag. Kata Kunci: Relevansi, Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Tradisional, Era Modern. Pendirian pondok pesantren pada dasarnya adalah karena tuntutan dari kebutuhan manusia akan nilai-nilai keislaman, pada era modern saat ini pondok pesantren mulai mengadakan pembaharuan dengan memasukkan sistem pembelajaran klasikal atau formal dengan tetap menitik beratkan pada pendidikan agama.Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana relevansi sistem pendidikan pesantren tradisional dalam era modernisasi di Pondok Pesantren Putri Riyadlotul ‘Uquul Desa Maron, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo? Apa faktor pendukung sistem pendidikan pesantren tradisional dalam era modernisasi di Pondok Pesantren Putri Riyadlotul ‘Uquul Desa Maron, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo? Dan Apa faktor penghambat sistem pendidikan pesantren tradisional dalam era modernisasi di Pondok Pesantren Putri Riyadlotul ‘Uquul Desa Maron, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi sistem pendidikan pesantren putri Riyadlotul ‘Uquul Desa Maron, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Selanjutnya analisis data dalam penelitian ini lebih difokuskan selama proses dilapangan bersamaan dengan pengumpulan data. Analisis data selama dilapangan menggunakan analisis deskripif. Aktifitas dalam analisis datanya yaitu : reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian Pondok pesantren putri Riyadlotul ‘Uquul Desa Maron, Kecamatan Loano, Kabupaten PurworejoSistem penedidikan yang digunakan masih relevan dengan era modern saat ini hal ini dibuktikan dengan kurikulum yang digunakan di Pondok Pesantren Putri Riyadllotul ‘Uquul dalam perkembangannya di samping mempertahan sistem ketradisionalannya, juga mengelola sistem pendidikan klasikal atau formal. Faktor pendukung sesperti penerapan sistem pendidikan yang sama antara santri terpadu dan santri non terpadu, sistem pembelajaran yang sudah terjadwal dengan baik, hubungan baik anatara asatidz dengan santri, fokus pada pembelajaran. Faktor penghambat, antara lain Wali santri yang masih memanjakan anakanya, kurangnya kesadaran santri, kurangnya informasi dari luar pondok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2019 10:24
Last Modified: 24 Sep 2019 10:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6150

Actions (login required)

View Item View Item