STUDI KORELASI ANTARA PEMAHAMAN ILMU TAJWID DAN PRESTASI AKADEMIK MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII MTs NEGERI 5 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

S.Pd.I, Khorina Daulati, (2019) STUDI KORELASI ANTARA PEMAHAMAN ILMU TAJWID DAN PRESTASI AKADEMIK MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII MTs NEGERI 5 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Korelasi antara pemahaman ilmu Tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur?an, (2) korelasi antara prestasi akademik mapel Qur?an Hadis terhadap kemampuan membaca Al-Qur?an, (3) korelasi antara pemahaman ilmu Tajwid dan prestasi akademik mapel Qur?an Hadis terhadap kemampuan membaca Al-Qur?an, Penelitian ini menggunakan metode diskriptif korelasional, dengan analisis korelasi dan regresi. Variabel penelitian berupa dua variabel bebas yaitu: pemahaman ilmu Tajwid (X1) dan prestasi akademik mapel Qur?an Hadis (X2) serta variabel terikat yaitu: kemampuan membaca Al-Qur?an (Y) yang dilakukan di MTsN 5 Magelang sebanyak 50 siswa, yang digunakan sampel penelitian, instrumen pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan tes. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji realibilitas. Pengujian prasyarat dilakukan dengan uji normalitas, uji linearitas dan keberartian regresi dan uji independensi variabel bebas. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji korelasi baik korelasi tunggal parsial dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pemahaman ilmu Tajwid mempunyai korelasi positif dan signifikan dengan kemampuan membaca Al-Qur?an siswa di MTsN 5 Magelang yang dibuktikan rhitung sebesar 0,354 lebih besar dibandingkan dengan rtabel untuk n 50 adalah 0,279 (2) prestasi akademik mapel Qur?an Hadis terdapat korelasi positif dan signifikan dengan kemampuan membaca Al-Qur?an siswa di MTsN 5 Magelang, yang dibuktikan dengan rhitung sebesar 0,567 lebih besar dibandingkan dengan rtabel sebesar 0,279. (3) kemampuan membaca Al-Qur?an dan prestasi akademik mapel Qur?an Hadis secara bersama-sama mempunyai korelasi yang positif dan signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur?an siswa di MTsN 5 Magelang Hal ini ditunjukkan dengan besarnya fhitung sebesar 3,031 yang lebih besar dibandingkan dengan ftabel sebesar 2.021 dengan persamaan regresi ?=26,225 + 0,247X1 + 0,449 X

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2019 14:05
Last Modified: 25 Sep 2019 14:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6216

Actions (login required)

View Item View Item