Suwanto, . (2015) PERANAN KELUARGA TERHADAP ANAK DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI RW. 08 KELURAHAN BERGAS LOR, KECAMATAN BERGAS, KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Suwanto_11411022.pdf Download (903kB) | Preview |
Abstract
Peranan keluarga sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan jiwa anak, apabila orang tua salah mendidik maka anak pun akan mudah terbawa arus kepada hal-hal yang tidak baik, maka dengan adanya peranan masing-masing hendaknya orang tua saling melengkapi sehingga dapat membentuk keluarga yang utuh dan harmonis dan dapat menjalankan perintah agama dengan sebaik-baiknya. Hidup di tengah tengah masyarakat yang hiterogen serta berada diwilayah pusat industri memerlukan perhatian yang khusus. Tentunya kita sudah sang at akrab dengan hiterogen, yaitu suatu perkumpulan masyarakat yang berasal dari berbagai daerah berkumpul jadi satu. Tentunya kita akan dihadapkan dengan masyarakat yang berbeda karakter, berbeda watak, berbeda tabiat serta berbeda dari latar belakang keluarga mereka masing masing.Pendidikan agama Islam membentuk aspek jasmani dan rohani seseorang berdasarkan kepada nilai -nilai agama Islam yang terdapat dalam kitab suci al-Qur‟an dan sunah Rasulullah. Kedua aspek tersebut diharapkan tumbuh seimbang sehingga tidak menimbulkan keseimbangan antara kebutuhan rohaniah dengan kebutuhan jasmaniah, dengan hidup yang seimbang inilah seseorang akan terhindar dari sikap mementingkan diri sendiri. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui masih seberapa besarkah peranan orang tua dalam melaksanakan Pendidikan agama Islam ditengah-tengah kesibukan orang tua di wilayah Rw. 08 Kelurahan Bergas lor, Kecamatan Bergas, Kabupaten semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dan menggunakan instrumen kuesioner serta wawancara. Dari penelitian yang telah dilakukan kepada sejumlah orang tua yang menjadi sampel, penulis melakukan analisa data yang merupakan bagian penting dalam metode ilmiah untuk menjawab masalah penelitian ini. Dalam menganalisa data penulis menggunakan metode penelitian diskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang berusaha untuk menyajikan data dan fakta-fakta yang sesungguhnya tentang keluarga dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dengan menyebarkan angket (Quesioner) kepada responden di tempat diadakan penelitian. Dalam menganalisa data, penulis memberikan kesimpulan bahwa masih sangat besar Peranan Keluarga dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di tengah kesibukanya mencari nafkah, ini terbukti dari jawaban orang tua yang sebagian besar dari mereka menjawab “selalu atau sering” untuk memberikan perhatian dan mengajarkan pendidikan Agama Islam pada anaknya. Salah satu bukti riil bahwa mereka selalu mengusahakan yang terbaik untuk anaknya yaitu selalu memenuhi fasilitas yang dibutuhkan anaknya serta mengirim anak mereka dalam pendidikan-pendidikan Islam yaitu TPA dan Pondok Pesantren serta sekolah Islam Terpadu. Keberhasilan pelaksanaan Pendidikan Agama diketahui bahwa, setelah anak-anak memperoleh pendidikan agama baik di rumah m aupun di luar rumah, akhirnya mereka mengamalkan perintah-perintah agama dan bertingkah laku sopan. Hambatan-hambatan yang dihadapi keluarga adalah : Hambatan internal, kesibukan orang tua dan Hambatan external, yaitu hambatan dari anak-anak yang kadang-kadang bermalas-malsan dan tidak mau mengikuti perintah orang tua.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Feb 2016 07:11 |
Last Modified: | 29 Feb 2016 07:11 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/622 |
Actions (login required)
View Item |