Handayani, (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT DENGAN METODE TALKING STICK PADA KELAS VII D DI SMP NEGERI 3 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi handayani.pdf Download (2MB) |
Abstract
Handayani, Handayani. 2019. Peningkatan Hasil Belajar PAI Pada Materi Iman Kepada Malaikat Dengan Metode Talking Stick Pada Kelas VII D di SMP Negeri 3 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Hj.Maryatin, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, PAI, Metode Talking Stick. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah melalui metode talking stick dapat meningkatakan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi Iman kepada Malaikat pada kelas VII D di SMP Negeri 3 Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data penelitian ini meliputi hasil pengamatan terhadap guru dan peserta didik, hasil belajar peserta didik, dan foto kegiatan proses belajar mengajar guru dan peserta didik didalam kelas, penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan peserta didik kelas VII D di SMP negeri 3 Tuntang Kabupaten Semarang yang terdiri dari 26 peserta didik (4 Non Muslim) yaitu 16 pesrta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan, dan peserta didik yang menjadi subyek penelitian hanya 22 peserta didik saja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode talking stick dapat meningkatan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar pra siklus sebelum menggunakan metode talking stick hanya 10% (2 peserta didik) yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), sedangkan 90% (20 peserta didik) yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM)dengan nilai rata-rata 48,75. Meningkat pada siklus I yang menunjukan bahwa nilai yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal sebesar 54,54% (12 peserta didik) yang memenuhi kriteri ketuntasan minimal (KKM) dan yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 45,45% (10 peserta didik) dengan nilai rata-rata 69,36. Pada siklus II sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 95,45% (21 peserta didik) dengan rata-rata 95,45.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 13:07 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 13:07 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6279 |
Actions (login required)
View Item |