Mahfud, Ali (2019) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN SOAL MODEL PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENTS ASSESSMENT (PISA) PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi_ali[1].pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Mahfud, Ali. 2019. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel DenganSoal Model Programme for International Students Assessment (PISA) Pada Kelas VIII A SMP Negeri 1 Wonosegoro Kabupaten Boyolali. Skripsi. IAIN Salatiga. Program Studi Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing: Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Literasi, Matematika, Siswa Kelas VIII A Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa SMP kelas VIII A, faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematika. Penelitian ini penting dilakukan karena melihat dari penilaian Programme for International Student Assessment (PISA) terkait literasi di Indonesia yang masih sangat rendah. Penelitian ini akan dapat melatih siswa mengerjakan soal literasi matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian menggunakan pengumpulan data dengan observasi, dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika dan siswa kelas VIII A. Teknik analisis data terdiri dari analisis hasil kerja, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi. Hasil penelitian sebagai berikut: 1. Kemampuan literasi matematika materi dsistem persamaan linear dua variabel dengan soal model Programme For International Students Assessment (PISA) pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Wonosegoro, Setelah di lakukan tes latihan soal dengan model PISA masih 52,81% dari total keseluruhan soal yang dapat dikerjakan oleh siswa kelas VIII A tersebut. Demikian kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Wonosegoro kabupaten Boyolali masih rendah, dikarenakan kurangnya pengenalan dan pembiasaan pemberian soal literasi matematika dengan model soal dari Programme for International Students Assessment (PISA). 2. Faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematika siswa antara lain peminat dari siswa yang kurang untuk mempelajari literasi matematika materi sistem persamaan linear dua variabel. Fasilitas dari lingkungan sekolah juga yang kurang memadai guna mendukung kegiatan literasi, termasuk literasi matematika materi sistem persamaan linear dua variabel.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 13:10 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 13:10 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6281 |
Actions (login required)
View Item |