MAGHFIROH, NINIK (2019) MANAJEMEN PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH BERBASIS PONDOK PESANTREN DI MA FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI FIX 1-dikompresi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Maghfiroh, Ninik. 2019. Manajemen Pendidikan Madrasah Aliyah Berbasis Pondok Pesantren Studi Pada MA Futuhiyyah 2 Mranggen, Kabupaten Demak Tahun 2019. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam . Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata Kunci : Manajemen Pendidikan, Madrasah Aliyah dan Berbasis Pesantren Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pendidikan madrasah di MA Futuhiyyah 2 Mranggen, Kab. Demak tahun 2019. Beberapa pertanyaan yang ingin di jawab melalui penelitian ini yaitu: 1) bagaimana manajemen pendidikan Madrasah Aliyah berbasis Pondok Pesantren di MA Futuhiyyah 2 Mranggen, Kab. Demak tahun 2019 yang meliputi: bagaimana manajemen kurikulum, manajemen kesiswaan, manajemen sarana dan prasarana, manajemen keuangan, dan manajemen hubungan masyarakat, manajemen ketatausahaan (TU), dan manajemen personalia di MA Futuhiyyah 2 Mranggen, Kab. Demak. 2) Apa faktor penunjang dan penghambat dalam manajemen pendidikan madrasah aliyah berbasis pondok pesantren di Madrasah Aliyah Futuhiyyah 2 Mranggen, Kab. Demak tahun pelajaran 2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Karena peneliti bertindak langsung untuk mencari dan menemukan informasi dalam penelitian. Karena data dan hasil penelitian yang diperoleh dijelaskan berdasarkan deskripsi penulis. Sumber data dari penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Manajemen pendidikan madrasah aliyah berbasis pondok pesantren di MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak tahun pelajaran 2019 menunjukkan bahwa kegiatan pelaksanaan manajemen kurikulum di MA Futuhiyyah 2 dilaksanakan dengan baik dan sistematis. 2. Manajemen kesiswaan sudah dilaksanakan sesuai dengan program-program dalam kegiatan kesiswaan secara efektif dan efisien. 3. Manajemen sarana dan prasarana sudah dilaksanakan sesuai dengan fasilitas-fasilitas yang ada dalam kegiatan penunjang belajar mengajar siswa. 4. Manajemen keuangan sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan rencana pengeluaran dan pemasukan anggaran madrasah. 5. Manajemen hubungan masyarakat sudah dilaksanakan dengan mengadakan suatu hubungan kerjasama antara sekolah dan masyarakat sekolah. Adapun faktor penunjang dan penghambat maanjemen pendidikan madrasah aliyah berbasis pondok pesantren di MA Futuhiyyah 2 yaitu: 1) faktor penunjang sebagai berikut, Proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Futuhiyyah 2 dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tuntunan kurikulum yang berlaku yang berdasarkan nilai-nilai pondok pesantren, terlaksananya tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional madrasah baik para guru, pegawai maupun siswa, semua fasilitas dan sarana prasarana di Madrasah Aliyah Futuhiyyah 2 sudah terpenuhi dengan baik sesuai dengan kebutuhan siswa, pelaksanaan tugas humas banyak mendapat dukungan dari masyarakat kepada madrasah dalam meningkatkan pengetahuan dan mutu madrasah dilingkungan masyarakat, dalam pengelolaan anggaran dana dilakukan dengan baik sebagai penunjang fasilitas madrasah. 2) faktor penghambat sebagai berikut, masih banyaknya siswa atau santri yang melanggar peraturan sekolah, terbiasanya siswa yang terlambat pada saat mata pelajaran mengakibatkan terhambatnya proses kegiatan belajar mengajar secara efektif dan efisien, keberhasilan belajar di MA Futuhiyyah 2 ditentukan oleh kemampuan seorang pendidik dalam mengajar. Masih terbatasnya metode dan media dalam keberlangungan pembelajaran sehingga siswa kesulitan dalam menerima pembelajaran. Maghfiroh, Ninik. 2019. Manajemen Pendidikan Madrasah Aliyah Berbasis Pondok Pesantren Studi Pada MA Futuhiyyah 2 Mranggen, Kabupaten Demak Tahun 2019. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam . Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata Kunci : Manajemen Pendidikan, Madrasah Aliyah dan Berbasis Pesantren Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pendidikan madrasah di MA Futuhiyyah 2 Mranggen, Kab. Demak tahun 2019. Beberapa pertanyaan yang ingin di jawab melalui penelitian ini yaitu: 1) bagaimana manajemen pendidikan Madrasah Aliyah berbasis Pondok Pesantren di MA Futuhiyyah 2 Mranggen, Kab. Demak tahun 2019 yang meliputi: bagaimana manajemen kurikulum, manajemen kesiswaan, manajemen sarana dan prasarana, manajemen keuangan, dan manajemen hubungan masyarakat, manajemen ketatausahaan (TU), dan manajemen personalia di MA Futuhiyyah 2 Mranggen, Kab. Demak. 2) Apa faktor penunjang dan penghambat dalam manajemen pendidikan madrasah aliyah berbasis pondok pesantren di Madrasah Aliyah Futuhiyyah 2 Mranggen, Kab. Demak tahun pelajaran 2019. Kata Kunci : Manajemen Pendidikan, Madrasah Aliyah dan Berbasis Pesantren
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 14:06 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 14:06 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6300 |
Actions (login required)
View Item |