Desiyanti, Riska (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI BERBASIS AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 MUNTILAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI Riska Desiyanti 23060150057_compressed.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Desiyanti, Riska. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Pemanasan Global Menggunakan Video Animasi Berbasis Audio Visual pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Muntilan Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Roko Patria Jati, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Animasi Berbasis Audio Visual Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan video animasi berbasis audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pemanasan global pada siswa kelas VII SMP N 2 Muntilan tahun pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan media pembelajaran berupa video animasi berbasis audio visual untuk meningkatkan hasil belajar. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan kolaborasi antara peneliti dan guru mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Setiap akhir siklus, dilakukan refleksi untuk memperbaiki kelamahan-kelemahan pada siklus sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP N 2 Muntilan sebanyak 31 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 14 siswa dan jumlah siswa perempuan 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi berbasis audio visual pada mata pelajaran IPA materi pemanasan global dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMP N 2 Muntilan tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I yang tuntas KKM adalah 24 siswa dengan persentase 77,4%, siswa yang tidak tuntas KKM adalah 7 siswa dengan persentase 22,6%. Pada siklus II siswa yang tuntas KKM adalah 27 siswa dengan persentase 87,1% dan siswa yang tidak tuntas 4 siswa dengan persentase 12,9%. Karena indikator keberhasilan secara klasikal telah tercapai, yaitu siswa yang mendapatkan nilai ?79 persentasenya telah mencapai 85% maka penelitian dihentikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 15:01 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 15:01 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6326 |
Actions (login required)
View Item |