Hartati, Intan (2019) Strategi Komunikasi Dakwah Lembaga Amil Zakat Nasional Daarut Tauhid Peduli Jawa Tengah Dalam Mensejahterakan Umat Islam Di Semarang. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH A4-dikonversi (2).pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Hartati, Intan. 2019. Strategi Komunikasi Dakwah Lembaga Amil Zakat Nasional Daarut Tauhid Peduli Jawa Tengah dalam Mensejahterakan Umat Islam di Semarang. Skripsi Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra. Maryatin, M.Pd Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Dakwah, Lembaga Amil Zakat Nasional DT Peduli Jawa Tengah, Kesejahteraan Umat Islam. Strategi komunikasi dakwah merupakan hal yang sangat penting bagi lembaga amil zakat agar dalam pengelolaan dan pendistribusian Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) lebih efektif, tepat sasaran dan merata. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) apa saja program kerja yang dilakukan Laznas DT Peduli Jawa Tengah dalam mensejahterakan umat Islam di Semarang?, 2) bagaimana strategi komunikasi dakwah Laznas DT Peduli Jawa Tengah dalam mensejahterakan umat Islam di Semarang?, 3) apa faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi dakwah Laznas DT Peduli Jawa Tengah dalam mensejahterakan umat Islam di Semarang?, Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis kualitatif dan pendekatan field research dengan metode deskriptif. Jadi setelah menyusun perencanaan, peneliti kemudian terjun ke lapangan untuk menggambarkan secara sistematis tentang permasalahan yang akan diteliti. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik Triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Laznas DT Peduli Jateng memiliki program kerja empat kepedulian yaitu peduli ekonomi, pendidikan, kemanusiaan dan dakwah. 2) Strategi komunikasi dakwah yang digunakan Laznas DT Peduli Jateng yaitu dengan mensosialisasi keutamaan dan manfaat dari Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF). Proses sosialisasi yang dilakukan seperti merumuskan sasaran, strategi informasi dan edukasi, strategi komunikasi dakwah dengan menggunakan media, dan strategi komunikasi persuasif. 3) Faktor pendukung dalam strategi komunikasi dakwah Laznas DT Peduli Jateng yaitu dengan adanya regulasi pemerintah, pemilihan metode yang tepat, lemahnya kesadaran masyarakat, pemilihan media yang tepat, dan mempunyai program kerja unggulan. Faktor penghambat dari strategi komunikasi dakwah Laznas DT Peduli Jateng yaitu perbedaan sudut pandang pemikiran antar sesama karyawan, faktor kepentingan perorangan/masjid/yayasan dan adanya regulasi pemerintah yang mengharuskan ASN/PNS untuk berzakat di Baznas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 22:43 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 22:43 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6338 |
Actions (login required)
View Item |