Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mengembangkan Objek Wisata Religi di Kota Magelang (Studi pada Makam Syekh Subakir)

Sihabuddin, Iqbal (2019) Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mengembangkan Objek Wisata Religi di Kota Magelang (Studi pada Makam Syekh Subakir). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
A4 SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sihabuddin, Iqbal. 2019. Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mengembangkan Objek Wisata Religi Kota Magelang (Studi pada Makam Syekh Subakir). Skripsi. Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Yahya, S.Ag., M.H.I. Kata kunci: strategi komunikasi, pemasaran, wisata religi. Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Pemerintah Kota Magelang dalam mengembangkan objek wisata religi makam Syekh Subakir. Rumusan masalah skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam mengembangkan objek wisata religi di Makam Syekh Subakir Kota Magelang?, (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan objek wisata religi di makam Syekh Subakir Kota Magelang ?. Teori yang digunakan adalah teori bauran komunikasi pemasaran (marketing communication mix). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Pemerintah Kota Magelang dalam mengembangkan objek wisata religi makam Syekh Subakir yaitu bauran komunikasi pemasaran yang meliputi pemasangan iklan, pembuatan promosi, pemanfaatan humas sebagai publikasi, penjualan tatap muka, dan penjualan langsung. (2) Faktor pendukung internal adalah sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya finansial yang memadahi, keleluasaan pengelolaan, totalitas juru kunci sebagai profesinya, dan lokasi yang strategis. Sedangkan faktor pendukung eksternal adalah antusias peziarah dan dukungan masyarakat dalam menjamin keamanan. Adapun faktor penghambat internal adalah kurangnya intensitas promosi dan kerjasama. Sedangkan faktor penghambat eksternal adalah kurangnya dukungan media dan akses jalan yang sempit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 10:35
Last Modified: 27 Sep 2019 10:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6366

Actions (login required)

View Item View Item