Khanifah, Nur (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN PARA PAHLAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEER TEACHING DAN MEDIA PETA TIMBUL PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HIKMAH KEDUNGRINGIN 02 KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Nur Khanifah.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Khanifah, Nur. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Perjuangan Para Pahlawan dengan Menggunakan Metode Peer Teaching dan Media Peta Timbul pada Siswa Kelas IV MI Nurul Hikmah Kedungringin 02 Kecamtan Suruh Kabupaten Semarang. Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Islam Salatiga Pembimbing Dr. H. Wahyudhianan, MM. Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial , Metode Peer Teaching, Media Peta Timbul. Pembelajaran Ilmu Pengeathuan Sosial di MI Nurul Hikmah Kedungringin 02 belum menggunakan metode pembelajaran aktif, hal tersebut menyebabkan peserta didik menjadi pasif dalam pembelajaran. Terbukti rendahnya hasil belajar peserta didik yang belum mencapai KKM > 65. Rumusan masalah ini adalah apakah metode peer teaching dan media peta timbul dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi perjuangan para pahlawan pada siswa kelas IV MI Nurul Hikmah Kedungringin 02 Kecamatan Suruh Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi perjuangan para pahlawan dengan menggunakan metode peer teaching dan media peta timbul pada siswa kelas IV MI Nurul Hikmah Kedungringin 02 Kecamatan Suruh Tahun Pelajaran 2019/2020.\ Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Nurul Hikmah Kedungringin 02. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menghitung pencapaian tiap siklus dengan kriteria ketuntasan klasikal > 85%. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada peserta didik MI Nurul Hikmah Kedungringin 02, menunjukan penggunaan metode peer teaching dan media peta timbul dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS. Pada pra siklus peserta didik yang tintas 8, dengan rata-rata 64,3. Pada siklus I yang tuntas 69.5% (16 peserta didik) dan 30.4% (7 peserta didik). pada siklus II menunjukan hasil belajar peserta didik meningkat dengan ketuntasan 20 peserta didik, 3 lainya tidak tuntas. Dengan nilai rata-rata 78.2, ketuntasan klasikal nya yakni, 86.9%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian pada siklus II ini indikator pencapaian klasikal sudah memnuhi, yakni 86.9%
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Sep 2019 13:37 |
Last Modified: | 27 Sep 2019 13:37 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6391 |
Actions (login required)
View Item |