Noviana, Risma (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI METODE INDEX CARD MATCH DAN MEDIA TAS GUCI PADA SISWA KELAS II MI MA'ARIF ROWOSARI KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
bab 123.pdf Download (2MB) |
Abstract
Noviana, Risma. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian dan Pembagian Melalui Metode Index Card Match dan Media Tas Guci Pada Siswa Kelas II MI Ma’arif Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Farikhah, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Index Card Match, dan Media Tas Guci Hasil belajar matematika MI Ma’arif Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang masih rendah, terbukti dengan hasil belajar peserta didik yang belum mencapai KBM yang telah ditetapkan oleh madrasah yaitu 70. Hal ini karena peserta didik kurang memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung, peserta didik bermain sendiri, yang mengakibatkan peserta didik kurang memahami materi yang diajarkan kepada peserta didik, atau terjadi kalkulasi ketika menjawab pertanyaan, untuk itu media tas guci dan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika materi perkalian dan pembagian pada siswa kelas II MI Ma’arif Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode index card match dan media tas guci dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian pada siswa kelas II MI Ma’arif Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana setiap siklusnya terdapat empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas II MI Ma’arif Rowosari kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik sebanyak 26 siswa, dimana yang terdiri 12 perempuan dan 14 laki-laki. Instrumen penelitian meliputi: silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, materi pembelajaran, lembar observasi, dan soal. Teknik pengumpulan data terdiri dari: observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data analisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85% peserta didik telah tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan metode index card match dan media tas guci dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi perkalian dan pembagian melalui tes tertulis dan lembar pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. Peningkatan tersebut dapat terlihat dari hasil pelaksanaan siklus I dan II yang telah dilaksanakan. Pada siklus I rata-rata 66,15, jumlah peserta didik 26 siswa terdapat 17 peserta didik yang telah tuntas atau 65,38% dan ada 9 peserta didik yang belum tuntas atau 34,61%. Siklus II rata-rata 83,84, terdapat 24 peserta didik yang telah tuntas atau 92,30% dan 2 peserta didik yang belum tuntas atau 7,69%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Sep 2019 14:16 |
Last Modified: | 27 Sep 2019 14:16 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6406 |
Actions (login required)
View Item |