PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MATERI MANUSIA DAN BENDA DI LINGKUNGANNYA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN READING ALOUD PADA SISWA KELAS V SEMESTER II MI AL-MAHMUD KUMPULREJO 01 KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Khoirudin, Muhamad Salim (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MATERI MANUSIA DAN BENDA DI LINGKUNGANNYA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN READING ALOUD PADA SISWA KELAS V SEMESTER II MI AL-MAHMUD KUMPULREJO 01 KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Muhammad Salim Khoirudin.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Khoirudin, Muhammad. 2019 . Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Manusia Dan Benda Di Lingkungannya Melalui Strategi Pembelajaran Reading Aloud Pada Siswa Kelas V Semester 2 MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis M. Pd.I Kata Kunci : Hasil Belajar, Strategi Reading Aloud Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi manusia dan benda di lingkungannya pada siswa kelas V Mi Al-Mahmud kumpulrejo 01 kecamatan argomulyokota salatiga. penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes dan dokumentasi. analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi materi manusia dan benda di lingkungannya pada siswa kelas V tahun 2019. Melalui strategi pembelajaran Reading Aloud ada peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihatdari kondisi awal yaitu 37%siswa yang tuntas belajar, pada siklus I meningkat menjadi 50%dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 90,6%siswa tuntas. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran Reading Aloud dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi manusia dan benda di lingkungannya melalui strategi pembelajaran reading aloud pada siswa kelas v semester 2 MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga tahun pelajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 15:03
Last Modified: 27 Sep 2019 15:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6419

Actions (login required)

View Item View Item