Rozak, Abdul (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Tesis_Abdul Rozak_PGMI.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui penggunaan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan perilaku prososial siswa, (2) Mengetahui implementasi penggunaan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan perilaku prososial siswa. Desain Penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI NU Imaduddin dan MI NU Islamiyah. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan model cooperative script dapat meningkatkan perilaku prososial siswa kelas V dengan rata-rata perilaku prososial kelas eksperimen 89,95 lebih baik dari pada kelas kontrol dengan nilai 64,44. Nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari pada 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran cooperative script efektif dapat meningkatkan perilaku prososial siswa. (2) Terdapat peningkatan yang signifikan penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap perilaku prososial siswa kelas V. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung memperoleh 3,22 sedangkan t tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,000. Kata Kunci: Cooperative Script, Perilaku Prososial, IPS
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Sep 2019 11:30 |
Last Modified: | 28 Sep 2019 11:30 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6430 |
Actions (login required)
View Item |