EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERMOTIF BANGUN DATAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA

Masrukah, (2019) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERMOTIF BANGUN DATAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS BU MAS FULL.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Efektifitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Bermotif Bangun Datar pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Keywords: Efektifitas, Aktifitas, Hasil Belajar Pemahaman siswa akan materi keliling dan luas bangun datar terutama pada penyelesian soal cerita mengalami kesulitan. Pemilihan media merupakan kata kunci bagi guru dalam memaparkan materi dan mencapai hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini, Pertama, mengetahui validitas media permainan ular tangga bermotif bangun datar Kedua, mengetahui keefektifan media ular tangga bermotif bangun datar terhadap keaktifan belajar siswa. Ketiga, mengetahui keefektifan media permainan ular tangga bermotif bangun datar terhadap peningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Mix Method dengan jenis penelitian concurent embedded (campuran tidak berimbang). Desain penelitian ini menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan mencampur kedua metode tersebut secara tidak seimbang.Data-data yang diperoleh dari berbagai metode tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media permainan ular tangga valid untuk dijadikan media pembelajaran matematika. Hasil analisis keaktifan siswa, menunjukkann bahwa rata-rata keaktifan kelas ekperimen 88,7 lebih baik dari kelas kontrol yang hanya memiliki nilai 78,96, dengan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000. Hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkan penggunaan media permainan ular tangga bermotif bangun datar. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa, penerapan media permainan ular tangga bermotif gambar bangun datar mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2019 13:04
Last Modified: 28 Sep 2019 13:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6431

Actions (login required)

View Item View Item