PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT DAN MEDIA FLAT OPAQUE PICTURE PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF GLOBAL BLOTONGAN SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Mahkomah, Whini (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT DAN MEDIA FLAT OPAQUE PICTURE PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF GLOBAL BLOTONGAN SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIP WH - PDF.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mahkomah, Whini. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Kegiatan Ekonomi Masyarakat Melalui Metode Cooperative Script dan Media Flat Opaque PicturePada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri. Pembimbing Dra. Hj. Siti Farikhah, M.Pd Kata Kunci : Hasil belajar IPS, Metode Cooperative Script dan Media Flat Opaque Picture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Metode Cooperative Script dan Media Flat Opaque Picturedapat meningkatkan hasil belajar IPS materi keragaman kegiatan ekonomi masyarakat pada siswa kelas IV MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS dan siswa kelas IV MI Global Blotongan Salatiga yang terdiri dari 15 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KBM (Ketuntasan Belajar Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 60 (sesuai dengan KBM yang diberlakukan di MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga) sekaligus ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode pembelajaran Cooperative Script dan Media Flat Opaque Picture hanya 5 siswa (33,3%) yang memenuhi Ketuntasan Blajar Minimal (KBM), sedangkan masih ada 10 siswa (66.3%) yang belum memenuhi KBM. Selanjutnya pada siklus I ada 6 siswa (40%) memenuhi Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) dan ada 9 siswa (60%) belum memenuhi KBM. Terakhir pada siklus II 13 siswa (86,6%) tuntas dari KBM dan ada 2 siswa (13,3%) yang belum tuntas KBM. Oleh karena itu, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2019 07:16
Last Modified: 29 Sep 2019 07:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6438

Actions (login required)

View Item View Item