IMPLEMENTASI NILAI NILAI DEMOKRASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 8 SMP NEGERI 5 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

KARTINI, NURWINDA (2019) IMPLEMENTASI NILAI NILAI DEMOKRASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 8 SMP NEGERI 5 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NUR WINDA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nurwinda Kartini. 2019. Implementasi Nilai Nilai Demokrasi Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 8 SMP Negeri 5 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Prodi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Abdul Syukur, M.Si. Kata kunci: Nilai-nilai demokrasi, proses pembelajaran, pendidikan agama islam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah nilai nilai demokrasi sudah diterapkan pada proses pembelajaran pendidikan agama Islam kelas 8 SMP Negeri 5 Salatiga. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 8 SMP Negeri 5 Salatiga sebanyak 15% dari jumlah peserta didik yang ada yaitu 36 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Bertujuan untuk mencari data apakah nilai nilai demokrasi sudah atau belum diterapkan dalam proses pembelajaran PAI. Peneliti menggunakan angket yang dibagikan kepada peserta didik untuk dijawab sejujur-jujurnya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang berbentuk naratif. Dalam penelitian ini dibagi menjadi 3 fokus penelitian diantaranya 1) bagaimanakah implementasi nilai nilai demokrasi dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam kelas 8 SMP Negeri 5 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. 2) apa sajakah faktor pendukung implementasi nilai nilai demokrasi dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam kelas 8 SMP Negeri 5 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. 3) apa sajakah faktor penghambat implementasi nilai nilai demokrasi dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam kelas 8 SMP Negeri 5 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai nilai demokrasi telah diimplementasikan dengan baik dalam proses pembelajaran PAI. Dengan terciptanya nilai 1) kebebasan berpendapat. 2) toleransi. 3) kebebasan berkelompok. 4) percaya diri. 5) kerjasama (teamwork). Faktor pendorong implementasi nilai nilai demokrasi dalam proses pembelajaran PAI adalah 1) sarana prasaran. 2) pendidik. 3) budaya sekolah. faktor penghambat implementasi nilai nilai demokrasi dalam proses pembelajaran PAI adalah 1) kurangnya motivasi dalam diri. 2) alokasi waktu. Cara mengatasi adanya hambatan tersebut adalah 1) memotivasi peserta didik. 2) memaksimalkan waktu pelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2019 15:10
Last Modified: 30 Sep 2019 15:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6468

Actions (login required)

View Item View Item