PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP DENGAN MEDIA POP UP BOOK PADA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH BLONDO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Baehaqi, Muhammad Syofyan (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP DENGAN MEDIA POP UP BOOK PADA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH BLONDO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Muhammad Syofyan Baehaqi.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Baehaqi, Muhammad Syofyan. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Materi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Mahluk Hidup dengan Media Pop-Up Book Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Blondo Mungkid Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Maslikhah, S.Ag., M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA; Media Pop-Up Book. Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III bidang IPA di Mi Muhammadiyah Blondo Muntilan Magelang pada materi pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup dengan media pop up book. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup pada siswa kelas III MI Muhammadiyah Blondo Mungkid Magelang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI Muhammadiyah Blondo yang berjumlah 16 siswa meliputi 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar observasi dan soal tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ?85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitan menunjukan bahwa penggunaan media Pop-Up Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Muhammadiyah Blondo Mungkid Magelang tahun 2019/2020. Peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 19%, Siklus I ke Siklus II 25% dan Siklus II ke Siklus III 12.5%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Pra Siklus31% siswa tuntas belajar, pada Siklus I 50% (8 siswa) yang tuntas belajar, Siklus II 75% (12 siswa) yang tuntas belajar dan Siklus III 87.5% (14 siswa) yang tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2019 06:55
Last Modified: 02 Oct 2019 06:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6483

Actions (login required)

View Item View Item