Ningsih, Ambar Setya (2019) Implementasi Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas II di MI Muhammadiyah Karanganyar. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI Ter FIK.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas Implementasi Multiple Intelligences dalam pembelajaran Tematik pada siswa kelas II di MI Muhammadiyah Karanganyar. Dengan fokus penelitian (1) Bagaimana implementasi multiple intelligences dalam pembelajaran Tematik pada siswa kelas II di MI Muhammadiyah Karanganyar tahun 2019?(2) Hambatan apa saja dalam multiple intelligences dalam pembelajaran Tematik pada siswa kelas II di MI Muhammadiyah Karanganyar tahun 2019?(3) Bagaimana hasil implementasi multiple intelligences dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas II di MI Muhammadiyah Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bertujuan menggambarkan tentang konsep implementasi multiple intteligences dalam pembelajaran Tematik pada siswa kelas II di MI Muhammadiyah Karanganyar. Penelitian ini mengambil 4 (empat) orang responden diantaranya, salah satu siswi kelas II E, salah satu orang tua dari siswa kelas II E, guru wali kelas II E, dan Kepala Madrasah MI Muhammadiyah Karanganyar. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik wawancara dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara yang telah dibuat oleh peneliti, teknik observasi dilakukan dengan cara peneliti ikut terjun langsung untuk mengamati beberapa kegiatan yang ada di sekolah, sedangkan teknik dokumentasi dilakukan dengan merekam dan mengambil gambar dari beberapa kegiatan yang diamati. Hasil penelitian menunjukan: (1) Implementasi multiple intelligences di MI Muhammadiyah Karanganyar adalah pembelajaran yang mengembangkan semua potensi siswa yaitu kecerdasan linguistik, kecerdasan logika-matematika, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik-tubuh), kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intra personal dan kecerdasan naturalis.Tujuan multiple intelligences di MI Muhammadiyah Karanganyar, mengembangkan semua potensi siswa baik potensi akademik maupun potensi non akademik dan pengembangan akhlakul karimah.Mata pelajaran yang menggunakan multiple intelligences hampir semua mata pelajaran, tergantung guru yang menggunakan metode dalam mendesain pembelajaran. Media yang sering digunakan dalam pembelajaran di MI Muhammadiyah Karanganyar adalah video dan gambar yang ditayangkan menggunakan LCD dan proyektor. Sumber belajar di MI Muhammadiyah Karanganyar menggunakan buku guru dan buku siswa atau buku lain yang bersangkutan, khusus pembelajaran tematik di kelas II menggunakan buku BUPENA karangan Irene MJA, dkk. diterbitkan oleh Erlangga tahun 2016 edisi revisi dengan kurikulum 2013. Langkah-langkah yang dilakukan ix dalam pembelajaran yaitu persiapan kurikulum, penyusunan silabus, RPP, prota dan promes kemudian evaluasi.(2) Hambatan dalam penerapan multiple intelligences yaitu siswa yang melanggar aturan sekolah dan orang tua yang cuek yang kurang memperhatikan anaknya. Paguyuban orang tua dan memanggil orang tua ke sekolah adalah cara untuk mengatasi faktor penghambat dalam pembelajran di MI Muhammadiyah Karanganyar.(3) Dalam implementasi multiple intelligences hasilnya sudah cukup maksimal untuk mengembangkan potensi dan kecerdasan dari siswa siswi di MI Muhammadiyah Karanganyar dimana setiap siswa memiliki potensi yang berbeda-beda. Berhasilnya implementasi multiple intelligences di MI Muhammadiyah Karanganyar tahun 2019 dapat dilihat dari banyaknya prestasi yang diperoleh siswa-siswi disini dari berbagai bidang yang menggambarkan beragamnya potensi yang dimiliki oleh siswa. Sedangkan untuk implementasi multiple intelligences dalam pembelajaran Tematik pada siswa kelas II di MI Muhammadiyah Karanganyar tahun 2019, sudah hampir maksimal namun masih perlu digali dan diarahkan potensi yang dimiliki oleh setiap siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 06:29 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 06:29 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6488 |
Actions (login required)
View Item |