Maslina, Asa Anfaida (2019) Pengembangan Bahan Ajar IPA dengan Media Audio Visual di Pendidikan Dasar. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Tesis Asa tanpa lampiran-dikompresi.pdf Download (603kB) |
|
Text
Tesis Asa tanpa lampiran-dikompresi.pdf Download (603kB) |
|
Text
Tesis Asa.pdf Download (603kB) |
|
Text
Tesis Asa.pdf Download (603kB) |
|
Text
Tesis Asa.pdf Download (603kB) |
Abstract
Pengembangan Bahan Ajar IPA dengan Media Audio Visual pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup di Pendidikan dasar. Studi Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembelajaran dengan tematik dengan sistem pada buku teks dengan beraneka macam muatan pelajaran membuat guru dan siswa banyak terjadi ketidak kecocokan tentang isi materi dari setiap muatan pelajaran. Jenis penelitian ini adalah research and development ( R&D ) dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa Madrasah Ibtidaiyyah Kota Salatiga. Adapun tahapan dari R&D ini sebagai berikut: 1) studi pendahuluan; 2) pengembangan bahan ajar; 3) pengujian produk. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar IPA dengan media audio visual proshow pada tema selamatkan makhluk hidup yang sederhana, mudah dipahami, efektif, efisien, dan mudah digunakan. Hasil penelitian ini sebagai berikut:1) studi pendahuluan yang berisi tentang kondisi nyata, dengan hasil wawancara dengan guru dan siswa yang mengahasilkan penggunaan bahan ajar IPA dengan buku teks dan buku penilaian. 2) hasil dari need assesment berupa hasil pengisian angket yang menunjukkan nilai 3,75 atau sangat butuh. 3) pengembangan bahan ajar cetak dengan suplemen media audio visual proshow yang memuat tentang materi tentang perkembangbiakan tumbuhan, perkembangbiakan hewan dan pelestarian lingkungan, bahan ajar ini dilengkapi dengan media pembelajaran dengan audio visual proshow dan power point. 4) hasil dari uji validasi dengan bahan ajar IPA ini diuji berdasarkan : a) Penilaian kesesuaian cakupan materi yang dinilai berdasarkan 4 aspek yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa menurut BSNP, aspek penilaian kontekstual dengan mendapat skor 96,9 atau termasuk “sangat layak”untuk digunakan; b)Penilaian ahli media dinilai berdasarkan relevansi media dengan mendapatkan nilai 89,2 atau termasuk “sangat layak” untuk digunakan; c) Penilaian oleh ahli Ilmu Teknologi dinilai berdasarkan kecocokan dengan media ilmu teknologi dengan mendapatkan nilai 85,6 atau termasuk “sangat layak” untuk digunakan. 5) Uji coba produk dilaksanakan dengan 3 kali uji coba yaitu : a) uji coba perorangan dilakukan dengan tahap uji coba perorangan dengan 15 siswa di MI Ma’arif Tingkir Lor dengan nilai 89,5. b) uji coba kelompok yang dilakukan oleh 28 siswa pada MI Ma’arif Kumpulrejo 02 dengan nilai 90,7. 3) uji coba terbatas dengan 59 siswa di MI Asas Islam Kalibening 91,8. 6) uji efektifitas terhadap bahan ajar IPA dengan media audio visual pada tema selamatkan makhluk hidup dengan nilai uji t 6.798. maka dengan hasil tersebut bahwa bahan ajar IPA dengan media audio visual proshow efektif digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Kata kunci : bahan ajar, media audio visual. Pembelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Oct 2019 09:47 |
Last Modified: | 09 Oct 2019 09:47 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6641 |
Actions (login required)
View Item |