Sumariyah, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BTQ PADA MATERI MENGENAL HURUF HIJAIYAH, TANDA BACA MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS II SD NEGERI TAMPIRKULON 1 KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
36.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui seberapa besar peran metode drill dalam meningkatkan prestasi belajar BTQ siswa kelas II SDN Tampirkulon I Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Pertanyaan utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah prestasi belajar BTQ siswa kelas II SD Negeri Tampirkulon I Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2013/2014? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Temuan dalam penelitian ini menunjukkan penelitian tindakan kelas dengan metode drill dapat memperbaiki kondisi pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini guru sekaligus bertindak sebagai peneliti dan penelitian ini dalam pelaksanaannya dibagi menjadi 2 siklus. Tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar. Peningkatan prestasi tersebut dapat dilihat dari nilai prosentase rata-rata/ketercapaian hasil belajar persiklus yaitu: Prestasi belajar siklus I 76,47%, dan siklus II 82,35%. Hal ini dikarenakan dengan penerapan metode drill kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan memudahkan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Mar 2016 03:15 |
Last Modified: | 16 Mar 2016 03:15 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/665 |
Actions (login required)
View Item |