PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH MATERI SHALAT BERJAMAAH MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IIA MI MA'ARIF GRABAG I KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

HIKMAH, DARUL (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH MATERI SHALAT BERJAMAAH MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IIA MI MA'ARIF GRABAG I KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DARUL HIKMAH.PDF

Download (1MB)

Abstract

Metode demonstrasi merupakan salah satu metode pembelajaran yangbersifat keterampilan praktek. Dalam materi pelajaran fiqih yang sebagiannyamerupakan ibadah yang bersifat praktis menggunakan metode tersebut sangatdiperlukan. Diantara materi ibadah yang bersifat praktis adalah shalat berjamaah.Bagaimana siswa-siswi melakukan praktek shalat berjamaah di ruang kelas agarprestasi belajar tentang shalat berjamaah tidak hanya dimiliki secara kognitif,tetapi juga afektif danpsikomotor.Rumusan masalah penelitian iniadalah (1) Apakah penggunaan metodedemonstrasi dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih diMadarasah Ibtidaiyah Ma'arif Grabag I Kab. Magelang(2) Apakahpenggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi siswa dalam matapelajaran fiqih di Madarasah Ibtidaiyah Ma'arif Grabag I Kab. Magelang?Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penggunaan metodedemonstrasi dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih dikelas II Madarasah Ibtidaiyah Ma'arif Grabag I Kab. Magelang. (2) Untukmengetahui penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi siswapada mata pelajaran fiqih di kelas II Madarasah lbtidaiyah Ma'arif Grabag I Kab.Magelang.Penelitian yang menggunakan jenis tindakan kelas iniakan menemukanpenyelesaian masalah pembelajaran dengan metode demonstrasi pada materi?shalat berjamaah. Penelitian inidilakukan melalui 3 kali siklus dengan subyekpenelitian sebanyak 22 siswa.Analisis data dari penelitian iniadalah keak.tifan siswa mengalamipeningkatan, yaitu pada siklus I 45,5%, siklus II 75%,dansiklus III 96,5%.Begitu pula nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan, dari 72,45 pada siklus Imeningkat menjadi 75,36 pada siklus II, kemudian meningkat lagi pada siklus 3menjadi 78,81. Pencapaian KKM dari siklus I menghasilkan 81,99% kemudianpada siklus II meningkat menjadi 93,06 %danpada siklus III menjadi 100%.Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan bahwa dengan metodedemonstrasi secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2020 02:44
Last Modified: 05 Feb 2020 02:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6983

Actions (login required)

View Item View Item