HIDAYAH, SITI NUR (2011) PENDIDIKAN AGAMA PADA ANAK TUNAGRAHITA(Studi Terhadap Sistem Pembelajaran PAI di SLB A,B,C,D Muhammadiyah Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2011). Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SITI NUR HIDAYAH.PDF Download (953kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana pelaksanaanpembelajaran pendidikan agama Islam pada anak Tunagrahita yang ada di SLBA,B,C,D Muhammadiyah Susukan Kabupaten Semarang. Hal ini menjadi pentingkarena melihat persoalan-persolan yang dihadapi anak tunagrahita dalammengikuti proses pembelajaran mengalami kesulitan yang di sebabkan memilikiintelegensi di bawah rata-rata, sehingga dalam proses pembelajaran anaktunagrahita memerlukan pendekatan dan pembelajaran secara khusus. Terutamamengenai penyampaian dalam pembelajaran terhadap anak tunagrahita yangberbeda pada anak normal, yang dengan mudah dapat mencema materi pelajaran.Dengan latar belakang masalah tersebut, maka permasalahan yang diangkat dalampenelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agamaIslam pada anak tunagrahita (SLB C).Manfaat dari penelitian ini adalah secara teoritis, diharapkan penelitian inidapat memberikan partisipasi bagi pengembangan ilmu Pendidikan Agama Islamataupun disiplin ilmu tarbiyah Lainnya khususnya di jurusan tarbiyah STAINSalatiga serta menjadikan manusia seutuhnya dalam membangun akhlakulkarimah. Dan secara praktis, bagi sekolah SLB Muhammadiyah Susukan,khususnya guru Pendidikan Agama Islam dapat rnemperoleh inforrnasi tentangpelaksanaan pembelejaran PAI. Dan masyarakat dapat mengetahui cara mendidikanak yang tepat khususnya pada anak Tungrahita untuk memudahkan dalammenghadapi dan memahami tingkah laku mereka.Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang sifatnya deskriptifanalitik dengan menggunakan metode observasi, wawancara dengan kepalasekolah dan guru PAI. Sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa Gurudi SLB B A,B,C,D Muhammadiyah Susukan dalam menyampaikan materi kepadasiswa menggunakan beberapa metode pembelajaran diantaranya meliputi metodeceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan demonstrasi. Selain itu, guru dalammenyampaikan materi kepada siswa dengan menggunakan bahasa yang sederhanadan dilakukan secara berulang-ulang sampai siswa benar-benar paham terhadapmateri yang disampaikan oleh guru. Dan pada hakikatnya metode-metode yang digunakan dalam menyampaikan materi sama antara anak tunagrahita dengan anaknormal, yang menjadi perbedaan adalah kondisi siswa dalam memahami materi yang di sampaikan oleh guru dan materi tersebut di sesuaikan dengan kondisi dankemampuan peserta didik. Selain itu, guru harus mampu menciptakan suasanakelas yang dapat menghibur siswa. Berdasarkan hasil kesimpulan dari penelitianini, bahwa guru dalam menyampaikan materi pembelajaran pendidikan agamaIslam mengalami kendala dalam proses belajar mengajar, meskipun menggunakanmetode-metode sebagaimana yang tertera di atas. Namun semua itu tidakmenjadikan guru yang ada di sekolah tersebut menjadi putus asa, melainkan terusberjuang membina anak tunagrahita untuk mewujudkan visi dan misi dari SLBA,B,C,D Muhammadiyah Susukan Kabupaten Semarang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Feb 2020 08:11 |
Last Modified: | 07 Feb 2020 08:11 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7070 |
Actions (login required)
View Item |