ANWAR, AGUS (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR' AN MA TERI HUKUM BACAAN AL SYAMSIYAH DAN AL QOMARIYAH MELALUI METODEDRILL PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM SULTAN FATTAH SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
AGUS ANWAR.PDF Download (909kB) |
Abstract
Keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salahsatunya adalah metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar. Padakenyataanya, dalam mengajar guru menggunakan metode klasik yaitu ceramah,sehingga siswa k:urang aktif dalam pembelajaran dan prestasi belajar kurangmemuaskan. Oleh karena itu perlu dilak:ukan perubahan penggunaan metode yanglain untuk meningkatkan belajar. Penelitian ini untuk mengetahui apakah metodedrill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tentang mata pelajaran Baca TulisAl-Qur'an materi hukum bacaan al Syamsiyah dan al Qomariyah pada siswa kelasVII SMP Islam Sultan Fattah Salatiga tahun 2013.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan 3 siklus melalui 4 tahapan yaituperencanaan, tindakan atau pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan rJfleksi.Penelitian dilakukan di SMP Islam Sultan Fattah Salatiga dengan bantuan duakolaborator (Ibu Dra Hj. Sri Mindaryati dan Ibu Sri Minfarohyati, S.Ag). Subyekpenelitian ini sebanyak 25 siswa. Hipotesis yang diajukan adalah jika metode drillditerapkan dengan baik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada matapelajaran BT A Materi Hukum Bacaan al Syamsiyah dan al Qomariah di SMPIslam Sultan Fattah Salatiga tahun 2013. Indikator keberhasilan siswa penelitiantindakan kelas ini adalah 80% siswa mampu mencapai keberhasilan belajar matapelajaran BT A sub pokok bahasan al Syamsiyah dan al Qomariah atau mencapainilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebesar 75.Hasil penelitian menunjukan bahwa metode drill dapat meningkatkanprestasi belajar Mata Pelajaran Baca Tulis Al-qur' an materi hukum bacaan alSyamsiyah dan al Qomariyah pada siswa kelas VII SMP Islam Sultan FattahSalatiga tahun 2013. Peningkatan prestasi be la jar pada siklus I ke siklus IIsebanyak 7 anak atau sebesar 38% dengan KKM 75. Peningkatan prestasi padasiklus II ke siklus III sebanayak 6 anak atau sebesar 24% dengan KKM 75. Hasilyang dicapai pada siklus r sebanyak 12 siswa dari 25 siswa atau sebesar 48%dengan KK!\1 75, siklus II sebanyak I 9 siswa dari 25 siswa atau sebesar 76% dengan KKM 75 dan siklus III sebanyak 25 siswa dari 25 siswa atau sebesar100% KKM 75 untuk materi hukum al Syamsiyah dan al Qomariyah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Feb 2020 01:03 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 01:03 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7086 |
Actions (login required)
View Item |