Efektivitas Belajar Membaca al-Quran Dengan Metode TarsanaPada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Padas Kecamatan Kedungjati KabupatenGrobogan Tahun 2011.

SUNGIDAH, SUNGIDAH (2011) Efektivitas Belajar Membaca al-Quran Dengan Metode TarsanaPada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Padas Kecamatan Kedungjati KabupatenGrobogan Tahun 2011. Other thesis, STAIN.

[img] Text
1 SUNGIDAH.pdf

Download (965kB)

Abstract

Penelitian ini adalah sebuah upaya menumbuhkan rasa cinta bagi penelitisecara pribadi dan peserta didik untuk senantiasa rajin dan istikomah membacakitab suci al-Quran. Dengan memberikan satu metode yang mudah diserap danmenyenangkan. Selain itu juga sebagai scbuah pembuktian bahwa belajarmembaca al-Quran sangatlah mudah dengan menggunakan metode Tarsana.Dengan hanya dalam waktu singkat, siswa-siswi sudah bisa mempraktekkanmembaca al-Quran dalam kehidupan sehari-hari sebagai bacaan wajib, tanpamerasa minder karena merasa belum bisa ataupun merasa dianggap aneh.Berdasarkan hasil observasi awal, belajar membaca al-Qur'an siswa kelasV SD N 2 Padas Kecamatan Kedungiati Kabupaten Grobogan tahun 2011 masibrendah. Hal tersesebut ditandai dengan masih rendahnya prosentase ketuntasansiswa sehingga perlu ditingkatkan. Permasalahan yang ingin diangkat dalampenelitian ini adalah Bagaimana kemampuan siswa-siswi kelas V SON 2 Padasdalam membaca al-Qur'an sebelum penelitian? Bagaimana efektivitas metodeTarsana dalam meningkatkan belajar al-Qur'an? Bagaimana hasilnya setelahbelajar al-Qur'an dengan metode Tarsana pada siswa kelas V SON 2 Padas tahun20112Peneilitian ini merupakan Penelitian Tindakan Ke las yang terdiri dari ti gasiklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan prestasi belajar siswasetelah penerapan metode tarsana meningkat. Prosentase ketuntasan belajar siswapada kondisi awal 19,35%, meningkat menjadi 35,48% pada siklus I dan 64,5%pada siklus II dan 87% pada siklus III.Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar modelpembelajaran metode tarsana ini bisa dipakai oleh semua kalangan pemerhatigenerasi Islam untuk belajar al-Qur' an dengan mudah dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2020 03:39
Last Modified: 27 Feb 2020 03:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7600

Actions (login required)

View Item View Item