Setiawan, Aris (2013) Konsep Pendidikan Akhlak dalam Perspektif al Ghazali. Other thesis, STAIN.
Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
ARIS SETIAWAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pend.idikan akhlak merupakan bagian dari ajaran pend.id.ikan Islam.Padahal kita ketahui bersama bahwa Negara Indonesia sebagian besar beragamaIslam. Dengan pendidikan akhlak yang baik ini diharapkan nilai-nilai ajaranpendid.ikan Islam dapat ditanamkan dan dilaksanakan di Negara Indonesia ini.Pendidikan akhlak yang baik akan menghantarkan pelakunya menjadi manusiayang berakhlak mulia di berbagai lini kehipan. Karena begitu pentingnyapend.idikan akhlak ini maka peneliti sangat tertarik untuk meneliti mengenaikonsep pendidikan akhlak dalam perspektif al Ghazali. Berdasarkan latar belakangtersebut peneliti ingin mengetahui lebih dalam bagaimana setting sosial Imam alGhazali?. Bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam perspektif al Ghazali?.Bagaimana implementasi konsep pend.idikan akhlak dalam perspektif al Ghazalidengan pendidikan Islam yang ada di Indonesia pada masa sekarang?. Setelahdilakukannya penelitian secara mendalam d.iharapkan penelitian ini dapatmemberikan sumbangan pemikiran tentang setting sosial Imam al Ghazali, konseppendidikan aklak dalam perspektif al Ghazali, implementasi konsep pendidikanakhlak dalam perspektif al Ghazali dengan pendidikan Islam yang ada pada masasekarang.Metode yang digunakan yaitu literatur (kepustakaan). Penelitian inidilakukan dengan metode observasi non partisipan dengan mengamati padasumber-sumber tertentu, mencari, menelaah buku-buku, artikel atau lainnya yangberkaitan dengan skripsi ini. Pengumpulan data dibagi menjadi dua sumber yaitudata primer dan sekunder. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan metodedeskriptif dan metode analisis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Imam al Ghazali merupakan Ulamabesar yang hidup di masanya dengan semangat mencari ilmu yang sangat tinggi.Ini semua dibuktikan dengan adanya karangan kitab-kitab beliau yangditerjemahkan dalarn berbagai bahasa. Pendidikan akhlak adalah usaha yangdilakukan secara sadar untuk membimbing dan mengarahkan kehendak seseoranguntuk mencapai tingkah laku yang mulia dan menjadikannya sebagai kebiasaan.Sedangkan tujuan pendidikan akhlak itu sendini menurut Imam al Ghazali yaitumembentuk manusia yang mampu mendekatkan diri kepada Allah SWT, sehinggamampu menjadikan dirinya untuk mencapai kebahagiaan baik di dunia maupun diakhirat, tetutama kehidupan akhirat yang bersifat kekal abadi. Dalam konseppendidikan akhlak Imam al Ghazali memperhatikan relasi dengan kehidupansehari-hari, metode, dan macarn-macam akhlak. Konsep pendidikan akhlak dalamperspektif Ghazali dengan pendidikan Islam di Indonesia untuk implementasimemang sangat kurang akan tetapi konsep pendidikan yang ada sudah baik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 03:53 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 03:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7605 |
Actions (login required)
View Item |