Hubungan Antara Kedisiplinan Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Dan VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kedokan Klego Boyolali Tahun Pelajaran 2013/201

IRWAN, WIDODO (2015) Hubungan Antara Kedisiplinan Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Dan VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kedokan Klego Boyolali Tahun Pelajaran 2013/201. Other thesis, STAIN.

[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
IRWAN WIDODO.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kedisiplinan adalah sikap kesadaran, ketaatan dan kepatuhan seseorangterhadap tata tertib, norma-norma perarturan dan ketentuan-ketentuan baik yangdibuat sendiri maupun yang disepakati bersama. Prestasi bel;ajar PendidikanAgama Islam adalah bukti keberhasilan siswa dalam memperoleh ketrampilanbelajar pendidik an agama Islam yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu yangdiwujudkan dalam bentuk nilai atau angka. Kedisiplinan mampu mempengaruhisuatu prestasi belajar. Kedisiplinan yang tinggi bakan meningkatkan prestasibelajar peserta didik.Permasalahan yang akan muncul bila anak didik kurang disiplin, makaakan menyebabkan prestasi yang diperoleh rendah. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui kedisiplinan siswa, tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaranPendidikan Agama Islam, dan hubungan kedisiplinan siswa dengan prestasibelajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV Dan VIMadrasah Ibtidaiyah Negeri Kedokan Klego Boyolali.Penelitian ini menggunakan pendekatn kuantitatif. Responden dalampenelitian ini sebanyak 44 siswa. Metode pengurnpulan data dalam penelitian initerdiri dari angket dan dokumentasi. Dari metode dokurnentasi diperoleh datanama peserta didik yang diteliti dan hal-hal lain yang dibutuhkan dalam penelitianini. Angket digunakan untuk mencari informasi tentang prilaku peserta didik.Analisis data untuk uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan korelasi ProductMoment.Dari uji hipotesis dapat diketahui basil penghitungan korelasi productmoment yaitu; r hitung = 0,385, r tabel = 0,297 untuk N = 44, dan tarafsignifikan 5 %. Berarti r hitung < dari r tabel, maka dapat disimpulkan besar,kedisiplinan siswa memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajarsiswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV Dan VI MadrasahIbtidaiyah Negeri Kedokan Klego Boyolali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Feb 2020 03:58
Last Modified: 28 Feb 2020 03:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7692

Actions (login required)

View Item View Item