ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBIAYAAN PADA BMT AL-ISHLAH SALATIGA

WIYOGO, ULFAH ISLAMIATI (2017) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBIAYAAN PADA BMT AL-ISHLAH SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TA ULFAH ISLAMIATI WIOGO 201-14-069.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam penelitian ini membahas mengenai kualitas pelayanan pembiayaan yang di berikan BMT Al-Ishlah kepada nasabah pembiayaan. Karena pada saat ini, produk pembiayaan sudah menjadi sangat penting bagi lembaga keuangan mikro syariah dalam menambah aset keuntungan. Oleh karena itu untuk meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan, pentingnya kualitas pelayan sangat penting bagi loyalitas nasabah sendiri dan reputasi lembaga kuangan mikro syariah. Dimensi SERVQUAL (service quality) adalah salah satu konsep layanan perusahaan yang dapat diandalkan untuk bertahan ditengah persaingan yang semakin ketat. Hal ini di lakukan untuk menganalisis sejauh mana tingkat layanan yang diberikan BMT Al-Ishlah kepada nasabah pembiayaan. Tujuan penelitian ini di lakukan untuk mengetahui indikator pelayanan apa sajakah memberikan dampak yang baik untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan BMT Al-Ishlah kepada nasabahnya.Metodelogi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilakukan di wilayah Salatiga yang tersebar di beberapa tempat seperti daerah Sayangan, Ndomas, Pasar Raya I, dan Pasar Raya II. Kegiatan pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dari tanggal 15-21 Juni 2017. Dalam mendapatkan responden penelitian maka dilakukan penyebaran sebanyak 30 kuesioner kepada para nasabah yang melakukan pembiayaan di BMT AL-ISHLAH, yang ditemui pada saat jam kerja. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif statistikBerdasarkan hasil analisis deskriptif statistik, diperoleh informasi bahwa 17 indikator pembentuk dimensi SERVQUAL sudah di katakan dalam pernyataan baik dan sangat baik, hal ini dinyatakan dengan nilai persentase tertinggi setiap dimensi, tangible 37% dikatakan baik, reliability 51,1% dikatakan baik, responsiveness 45,5 % dikatakan sangat baik, assurance 54,4 % dikatakn baik, empathy 46,6 % dikatakan baik. Dari kelima dimensi tersebut, ternyata dimensi assurance, reliability, dan empathy memberikan kontribusi paling besar terhadap kualitas pelayanan yang diberikan kepada nasabah pembiayaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Mar 2020 06:13
Last Modified: 04 Mar 2020 06:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7733

Actions (login required)

View Item View Item