Peningkatan Hasil Belajar Fiqh Materi Hadas Dan Najis Dengan Menggunakan Metode Number Head Together (NHT) Pada Peserta Didik Kelas VII E Mts Darul Ulum Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020

Hidayati, Nur (2020) Peningkatan Hasil Belajar Fiqh Materi Hadas Dan Najis Dengan Menggunakan Metode Number Head Together (NHT) Pada Peserta Didik Kelas VII E Mts Darul Ulum Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NUR HIDAYATI.pdf

Download (0B)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP fixxxx.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NUR HIDAYATI.pdf

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Hidayati, Nur. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Fiqh Hadas dan Najis dengan Menggunakan Metode Number Head Together (NHT) Pada Peserta Didik Kelas VII E MTs Darul Ulum Suruh Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Achmad Maimun, M.Ag. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar dan Metode Number Head Together Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fiqh materi hadas dan najis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Number Head Together pada peserta didik kelas VII E MTs Darul Ulum Suruh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya melewati empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah kelas VII E MTs Darul Ulum Suruh yang berjumlah 36 peserta didik yang terdiri 16 laki-laki dan 20 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini diperoleh penerapan metode Number Head Togeher meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII Semester I MTs Darul Ulum Suruh Tahun Pelajaran 2019/2020. Dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Pada siklus 1 memperoleh hasil data 23 peserta didik yang tuntas atau dalam persentase sejumlah 63%. Kemudian pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar sejumlah 32 peserta didik yang tuntas atau dalam persentase 88%. Dengan demikian penelitian penelitian ini ditanyakan telah berhasil. Dengan penerapan metode Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII Semesrter I MTs Darul Ulum Suruh Tahun Pelajaran 2029/2020.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2020 13:18
Last Modified: 10 Mar 2020 13:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7786

Actions (login required)

View Item View Item