Andriyani, Dwi Iin (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Dwi Iin Andriyani.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran matematika materi segiempat kelas VII SMP Negeri 10 Salatiga tahun 2019. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat dilihat pada keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 55,60% dan meningkat pada siklus II menjadi 77,58%. Pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dapat dilihat hasil belajar dari kondisi awal, ke siklus I dan ke siklus II. Pada kondisi awal, 7 siswa atau 24,14% yang tuntas belajar dan 22 siswa atau 75,86% belum tuntas. Pada siklus I terjadi peningkatan yaitu 17 siswa atau 58,62% yang tuntas belajar dan 12 siswa atau 41,38% belum tuntas. Pada siklus II 26 siswa atau 89,66% yang tuntas belajar dan 3 siswa atau 10,34% siswa belum tuntas belajar. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika materi segiempat pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 03:04 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 03:04 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7810 |
Actions (login required)
View Item |