Windasari, Ririn (2020) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dan Keaktifan Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 8 Salatiga Materi Penyajian Data Melalui Metode RME Tahun Pelajaran 2018/2019. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI RIRIN 2019.pdf Download (4MB) |
Abstract
Windasari, Ririn. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dan Keaktifan Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 8 Salatiga Melalui Model RME Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Tadris Matematika. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhammad Istiqlal, M.Pd Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Keaktifan, RME (Realistic Mathematics Education). Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 8 Salatiga hasil belajar dan keaktifan peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran matematika materi penyajian data dengan model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) kelas VII F SMP Negeri 8 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII F semester genap tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 29 peserta didik. Keaktifan belajar peserta didik pra siklus sebesar 38,73%. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pra siklus sebesar 53,72 dan ketuntasan belajar sebesar 17,24%. Indikator keberhasilan penelitian adalah dalam aspek hasil belajar matematika peserta didik yang mencapai KKM sebesar 85% dan pada aspek keaktifan jumlah peserta didik pada kriteria tinggi mencapai 70%. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan angket. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran matematika materi penyajian data kelas VII F SMP Negeri 8 Salatiga. Hal ini dapat dilihat dari Nilai rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 54,06 dan persentase ketuntasan sebesar 24,13%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80,06 dengan persentase ketuntasan sebesar 89,65%. Rata-rata keaktifan peserta didik siklus I dan II untuk indikator 1 interaksi dari 44,36% menjadi 78,62%, indikator 2 kerjasama dengan teman sekelompok dari 41,76% menjadi 71,64%, indikator 3 mengerjakan soal dan tugas dari 40,61% menjadi 72,79%, indikator 4 motivasi dalam mengikuti pelajaran dari 43,55% menjadi 70,24%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 8 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran RME dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran matematika materi penyajian data di kelas VII F SMP Negeri 8 Salatiga.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Mar 2020 11:42 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 02:35 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7845 |
Actions (login required)
View Item |