Saputro, Budiyono Model Manajemen Pembelajaran Direct Instruction Berfokus Film. IAIN SALATIGA.
Text
MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERFOKUS FILM.pdf Download (265kB) |
|
Text
HKI Sertifikat Model Manajemen Pembelajaran Direct Instruction Berfokus Film.pdf Download (459kB) |
Abstract
Pembelajaran direct instruction menuntun dan membantu mahasiswa melalui langkah-langkah tertentu dan mahasiswa aktif bekerja sendiri melalui latihan terbimbing mandiri. Berdasarkan kenyataan yang ada dilapangan bahwa pelaksanaan pembelajaran membutuhkan perencanaan yang maksimal. Perencanaan pembelajaran merupakan salah fungsi dari manajemen. Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan produk model manajemen pembelajaran direct instructin berfokus film pada pengantar praktikum Ilmu Pengetahuan Alam materi makanan yang mengandung karbohidrat. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D), dengan subyek penelitian mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Salatiga. Tahapan penelitian sebagai berikut: (1) studi pendahuluan, analisis kebutuhan pelatihan, (2) pengembangan model dan (3) pengujian. Hasil studi pendahuluan adalah sebagai berikut: (1) aspek perencanaan: dosen belum menyentuk aspek kebutuhan mahasiswa, dosen belum menentukan media film dalam menyampaikan pengantar teori praktikum, (2) aspek manajemen pelaksanaan: pre-tes dan pos-tes jarang dilakukan, dosen belum menggunakan film dalam menyampaikan pengantar praktikum. Rerata tingkat kebutuhan aspek manajemen pembelajaran praktikum IPA uji makanan yang mengandung karbohidrat adalah 4.52 dengan responden 30 (Sangat Butuh). Tahapan model manajemen pembelajaran direct instruction dalam pengantar praktikum materi uji makanan yang mengandung karbohidrat yang penulis kembangkan meliputi: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi adalah lebih baik dibandingkan dengan model manajemen yang telah ada sebelumnya. Adapun secara rinci konsep manajemen dalam model tersebut adalah (1) perencanaan pembelajaran meliputi: analisis kebutuhan, tujuan, Silabus, SAP, RPP, materi, media film, (2) pelaksanaan pembelajaran melibatkan lima komponen yaitu: implementasi Silabus, RPP, materi dan media film dalam pembelajaran, (3) evaluasi pembelajaran yang meliputi: pretes dan postes, evaluasi film uji makanan yang mengandung karbohidrat, manajemen pembelajaran direct instruction berfokus film. Model manajemen pembelajaran direct instruction berfokus film efektif dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam praktikum IPA. Hal tersebut terbukti pada hasil uji terbatas bahwa terdapat peningkatan antara hasil pretes dengan postes mahasiswa PGMI (uji wilxocon = 0.00, p < 0.05).
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Apr 2020 08:16 |
Last Modified: | 08 Jun 2020 02:44 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7953 |
Actions (login required)
View Item |