PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PENDIDIKAN KARAKTER TOLERANSI DAN KOMUNIKASI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Alfrida Dyah, Septiyani (2020) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PENDIDIKAN KARAKTER TOLERANSI DAN KOMUNIKASI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS ALFRIDA DYAH S_12010170012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Karakter Toleransi dan Komunikasi Berbasis Contextual Teaching And Learning. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Ruwandi, M.A. Kata Kunci: Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Pendidikan Karakter Toleransi dan Komunikasi, Contextual Teaching and Learning. Suasana hubungan antara peserta didik satu dengan peserta didik yang lain peserta didik belum maksimal dalam menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekolah. Selain itu, peserta didik belum aktif semua dalam kegiatan pembelajaran yang berkaitan analisis dan pemecahan masalah. Sehingga mereka belum maksimal mengkomunikasikan hasil pembelajarannya dan berinteraksi serta bertoleansi dengan orang lain.penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pendidikan karakter toleransi dan komunikasi berbasis contextual teaching and learning. Penelitaian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan pengembangan ADDIE. Analysis dilakukan untuk menganalisis kebutuhan tentang model pengembangan karakter toleransi dan komunikatif berbasis CTL; Design membuat rancangan produk langkah-langkah kegiatan pembelajaran di kelas; Development mengembangkan model pengembangan krakter toleransi dan komunikatif berbasis CTL yang kemudian mendapat penilaian dari tim ahli materi guna perbaikan; Implementation mengimplementasikan model pengembangan karakter toleransi dan komunikatif berbasis CTL sebagai model pembelajaran di kelas; dan Evaluation hasil evaluasi menunjukkan bahwa model pengembangan karakter toleransi dan komunikatif berbasis CTL layak digunakan. Jumlah subjek penelitian adalah 26 siswa. Analisis data menggunakan teknik deskripsi kualitatif. Jenis instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut, 1) guru membutuhkan pengembangan RPP yang inovatif, menarik, dan dapat meningkatkan pendidikan karekter toleransi dan komunikasi siswa; 2) bentuk pengembangan RPP pendidikan karakter toleransi dan komunikasi berbasis CTL melalui langkah analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi; dan 3) RPP pendidikan karakter toleransi dan komunikasi berbasis CTL terbukti efektif diterapkan (paired samples t statistics, p = 0,54, p < 0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2020 03:00
Last Modified: 30 Apr 2020 03:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7973

Actions (login required)

View Item View Item