Hani Nur, Mayasari (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Keterampilan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas VIII SMP Negeri 7 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas VIII SMP Negeri 7 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam memahami dan mengidentifikasi masalah dalam soal cerita sehingga berdampak terhadap proses penyelesaian soal cerita yang kurang tepat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Salatiga. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen serta kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes berupa soal uraian sebanyak 5 butir soal. Hasil penelitian keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 25. Pengujian hipotesis pada skor posttest diperoleh koefisien Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata skor posttest antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan data empiris hasil penelitian diperoleh rata-rata skor posttest kelas eksperimen sebesar 79,26 dan rata-rata skor posttest kelas kontrol sebesar 68,19, sehingga dapat dikatakan bahwa rata-rata skor posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Adapun hasil analisis data terhadap skor N-gain menunjukkan bahwa skor N-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan skor N-gain kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih efektif terhadap keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika dibandingkan dengan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Apr 2020 05:10 |
Last Modified: | 30 Apr 2020 05:10 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7986 |
Actions (login required)
View Item |